PENGARUH KEMAMPUAN GURU DALAM MELAKSANAKAN PENDIDIKAN BERBASIS BUDI PEKERTI TERHADAP PERILAKU SISWA DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 7 (SMA N 7) KOTA PEKANBARU

Meilikasari, (2010) PENGARUH KEMAMPUAN GURU DALAM MELAKSANAKAN PENDIDIKAN BERBASIS BUDI PEKERTI TERHADAP PERILAKU SISWA DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 7 (SMA N 7) KOTA PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2010_2010243PAI.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Dalam komponen unsur-unsur pendidikan, salah satu tenaga profesional yang mempunyai peran aktif adalah guru. Dimana setiap guru memiliki tanggung jawab untuk membawa para siswanya pada suatu taraf kematangan tertentu baik dari segi kognitif, afektif dan psikomotor. Dengan adanya pelaksanaan pendidikan berbasis budi pekerti, mutu pendidikan haruslah lebih baik akan tetapi sampai saat ini masih ditemukan siswa yang memiliki perilaku kurang baik. Tugas guru sebagai pendidik dituntut untuk dapat menguasai berbagai kompetensi dalam melaksanakan pendidikan berbasis budi pekerti, supaya apa yang diharapkan untuk anak didik dapat diraih dengan baik. Namun berdasarkan studi pendahuluan yang penulis lakukan ditemukan gejala yang berkaitan dengan kemampuan guru dalam melaksanakan pendidikan berbasis budi pekerti terhadap perilaku siswa. Gejala tersebut adalah masih ada siswa yang datang terlambat, kurang menghormati guru, berkata kurang baik, sering keluar masuk dalam proses pembelajaran dan pergantian jam pelajaran, tidak mengerjakan tugas dan ribut ketika proses pembelajaran. Oleh karena itu, penulis ingin mengangkat permasalahan tersebut ke dalam sebuah penelitian yang berjudul : Pengaruh Kemampuan Guru Dalam Melaksanakan Pendidikan Berbasis Budi Pekerti Terhadap Perilaku Siswa di SMA N 7 Kota Pekanbaru. Dan untuk memudahkan penulis meneliti masalah di atas maka penulis membuat rumusan masalah yakni apakah ada pengaruh yang signifikan kemampuan guru dalam melaksanakan pendidikan berbasis budi pekerti terhadap perilaku siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh yang signifikan antara kedua variabel tersebut. Penelitian ini menggunakan dua variabel yaitu variabel x (kemampuan guru dalam melaksanakan pendidikan berbasis budi pekerti) dan variabel y (perilaku siswa). Untuk mengetahui kedua data itu penulis menggunakan angket, observasi, wawancara dan dokumentasi. Karena data penelitian itu bersifat data interval, maka data yang telah terkumpul akan dianalisis dengan regresi linier dengan metode kuadrat terkecil dengan rumus : r = { ( ) }{ ( ) } N. X2 X 2 N. Y2 Y 2 N. XY - X. Y Σ Σ Σ Σ Σ Σ Σ - - Berdasarkan penelitian penulis, dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan kemampuan guru dalam melaksanakan pendidikan berbasis budi pekerti terhadap perilaku siswa di SMA 7 Kota Pekanbaru. Hal ini diketahui dari diterimanya Ha.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.238 Sekolah Menengah Atas, SMA
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: eva sartika
Date Deposited: 31 Aug 2017 02:37
Last Modified: 31 Aug 2017 02:37
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/10957

Actions (login required)

View Item View Item