PENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR MURID DALAM PEMBELAJARAN MENGHAFAL SURAT-SURAT PENDEK MELALUI METODE KERJA KELOMPOK DI KELAS V SDN 012 AURSATI KECAMATAN TAMBANG KABUPATEN KAMPAR

Darnalis, (2010) PENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR MURID DALAM PEMBELAJARAN MENGHAFAL SURAT-SURAT PENDEK MELALUI METODE KERJA KELOMPOK DI KELAS V SDN 012 AURSATI KECAMATAN TAMBANG KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2010_2010242PAI.pdf

Download (208kB) | Preview

Abstract

Kegiatan menghafal al-Qor’an, sudah sejak lama dilakukan oleh umat Islam, terutama dilakukan di Masjid, musholla atau langgar, lalu kemudian berkembang pembelajaran membaca al-Qor’an sampai ke madrasah dan sekolah. Menghafal surat-surat pendek merupakan bagian dari menghafal al-Qor’an, merupakan aktivitas yang amat penting bagi anak-anak sekolah dan perlu didorong dan dipacu oleh para pendidik termasuk guru dalam proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam melalui berbagai metode mengajar atau pembelajaran yang tepat, sehingga murid-murid muncul aktivitasnya khususnya dalam menghafal surat-surat pendek. Di kelas V SDN 012 Aursati Kecamatan Tambang Kabupaten Kampar, diajarkan menghafal surat-surat pendek oleh guru agama, terutama melalui metode drill, serta memperhatikan kesulitan siswa dalam menghafal. Namun sebagian murid kelas V SDN 012 Aursati Kecamatan Tambang tersebut, masih kurang aktif dalam kegiatan menghafal, hal ini dapat dilihat dari gejala-gejala antara lain, seperti murid bermain-main dalam kegiatan menghafal surat-surat pendek, sebagian murid tidak memperhatikan gurunya dalam menghafal suratsurat pendek, sebagian murid tidak mendengarkan teman-temannya yang lain dalam menghafal surat-surat pendek dan sebagainya. Berdasarkan gejala-gejala tersebut, penulis menetapkan judul penelitian ini adalah: Peningkatan Aktivitas Belajar Murid dalam Menghafal Surat-Surat Pendek Melalui Metode Kerja Kelompok di Kelas V SDN 012 Aursati Kecamatan Tambang Kabupaten Kampar. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah melalui metode kerja kelompok dapat meningkatkan aktivitas murid dalam menghafal surat-surat pendek di Kelas V SDN 012 Aursati Kecamatan Tambang Kabupaten Kampar. Berdasarkan hasil penelitian yang telah penulis lakukan, maka dapat disimpulkan sebagai berikut: 1. Aktivitas murid dalam Menghafal Surat-Surat Pendek Melalui Metode Drill (sebelum tindakan) di Kelas V SDN 012 Aursati Kecamatan Tambang Kabupaten Kampar, menunjukan masih kurang (55%) 2. Aktivitas murid dalam Menghafal Surat-Surat Pendek Melalui Metode Kerja Kelompok (setelah tindakan) di Kelas V SDN 012 Aursati Kecamatan Tambang Kabupaten Kampar, adalah baik (87%)

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: eva sartika
Date Deposited: 31 Aug 2017 02:34
Last Modified: 31 Aug 2017 02:34
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/10956

Actions (login required)

View Item View Item