Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PERBANDINGAN CARA BELAJAR DAN PRESTASI BELAJAR SISWA LAKI-LAKI DENGAN SISWA PEREMPUAN PADA PONDOK PESANTREN ANSHORULLAH DESA PULAU BIRANDANG KECAMATAN KAMPAR TIMUR KABUPATEN KAMPAR

Zurliani (2010) PERBANDINGAN CARA BELAJAR DAN PRESTASI BELAJAR SISWA LAKI-LAKI DENGAN SISWA PEREMPUAN PADA PONDOK PESANTREN ANSHORULLAH DESA PULAU BIRANDANG KECAMATAN KAMPAR TIMUR KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2010_2010235PAI.pdf

Download (403kB) | Preview

Abstract

Disadari atau tidak pendidikan yang sedang berkembang ditengah-tengah masyarakat dewasa ini baik yang dikelola oleh pemerintah maupun swasta belum sepenuhnya mampu mewujudkan manusia-manusia Indonesia yang berkualitas dengan penguasaan IPTEK dan memiliki Iman dan Taqwa yang tinggi serta berbudi luhur. Terlebih lagi bila dikaitkan dengan sikap kemandirian dan kemampuan berusaha masih jauh dari harapan, oleh akrena itu dunia pendidikan harus berbenah diri sehingga mampu menangkal arus globalisasi yang negatif dan bahkan memenangkan dalam arus persaingan Internasional. Berhasil atau tidaknya proses belajar dipengaruhi oleh berbagai faktor. Faktor yang berasal dari luar diri pelajar yang meliputi : faktor non-sosial dan faktor-faktor sosial, sedangkan yang berasal dari diri pelajar meliputi faktor psikologis dan juga faktor psikologis. Penelitian ini bertempat di Pondok Pesantren Anshorullah dengan subyeknya adalah seluruh siswa laki-laki dan siswa perempuan MA dan obyeknya adalah cara belajar dan prestasi belajar siswa. Adapun rumusan masalahnya adalah Apakah ada perbedaan cara belajar siswa laki-laki denga siswa perempuan yang signifikan, Apakah ada perbedaan prestasi belajar siswa laki-laki dengan siswa perempuan yang signifikan pada Madrasah Aliyah Pondok Pesantren Anshorullah Desa Pulau Birandang kec. Kampar Timur Kab. Kampar. Adapun penelitian yang penulis gunakan dalam kajian ini adalah dengan menggunakan angket dan test yang disebarkan kepada seluruh siswa, observasi dan wawancara. Setelah data terkumpul lalu diolah dengan menggunakan uji statistik test harga Kai Kuadrat dan test “t”. Dari penelitian itu penulis menemukan hasil sebagai berikut : Dengan memperhatikan dan membandingkan besarnya harga Kai Kuadrat hasil perhitungan (X2 0) dan harga Kai Kuadrat yang tercantum pada tabel ternyata X2 adalah jauh lebih kecil dari pada X2 h yaitu : 1% > X2 0 < 5% atau 15,51 > 7,35 < 20,09, karena X2 0 lebih kecil dari pada X2 h maka dapat menyatakan bahwa tidak ada perbedaan yang signifikan mengenai cara belajar antara siswa laki-laki dengan siswa perempuan. Mengenai prestasi belajar siswa karena “t” yang kita peroleh dalam perhitungan yaitu sebesar t0 = 0,36 adalah lebih kecil dari pada th baik pada taraf signifikan 5% maupun pada taraf 1% (2,65 > 0,36 < 2,00) atau 1% >t0 < 5% maka hipotesa nihilnya (H0) yang diterima, bahwa tidak ada perbedaan prestasi yang signifikan antara siswa laki-laki dengan siswa perempuan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: eva sartika
Date Deposited: 31 Aug 2017 02:32
Last Modified: 31 Aug 2017 02:32
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/10955

Actions (login required)

View Item View Item