FAKTOR – FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEMAMPUAN SISWA DALAM MEMBACA AL-QUR’AN DI MADRASAH ALIYAH NEGERI 1 PEKANBARU

Iwandi, (2010) FAKTOR – FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEMAMPUAN SISWA DALAM MEMBACA AL-QUR’AN DI MADRASAH ALIYAH NEGERI 1 PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2010_2010225PAI.pdf

Download (386kB) | Preview

Abstract

Al-Qur’an sebagai wahyu Allah SWT., diturunkan dan disampaikan kepada Nabi Muhammad SAW., sebagai petunjuk dalam menempuh dan menjalani hidupnya di dunia. Setiap umat Islam disamping wajib mengimani Al-Qur’an juga wajib mempelajari dan memahami serta mengamalkan isi kandungannya. Namun, penulis menemukan ada sebagian siswa di Madrasah Aliyah Negeri 1 Pekanbaru yang belum sempurna dalam membaca Al-Qur’an pada hal sebelumnya mereka telah belajar membaca Al-Qur’an, baik itu pendidikan formal maupun non formal. Hal ini terlihat dari gejala yang penulis temukan di sekolah tersebut yang masih adanya sebagian siswa yang terbata-bata dalam melafazkan ayat-ayat Al-Qur’an, adanya sebagian siswa yang membaca Al-Quran tidak mengikuti kaedah hukum mad, adanya sebagian siswa yang membaca Al-Quran tidak mengikuti kaedah hukum nun mati dan tanwin. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah faktor apa yang mempengaruhi kurangnya kemampuan siswa dalam membaca Al-Qur’an di Madrasah Aliyah Negeri 1 Pekanbaru. Penelitian ini dilakukan sejak tangal 28 Januari 2009 hingga selesai, di Madrasah Aliyah Negeri 1 Pekanbaru, dengan siswa sebagai subjeknya dan faktor-faktor yang mempengaruhi kurangnya kemampuan siswa dalam membaca Al- Qur’an sebagai objeknya. Sedangkan jumlah populasi dalam penelitian ini adalah 91 siswa dari kelas II, mengingat populasi dalam penelitian ini sedikit, maka penulis tidak mengunakan sampel. Selanjutnya dalam penelitian ini, penulis mengunakan instrumen berupa observasi, angket dan wawancara. Angket dijadikan sebagai data primer, sedangkan observasi dan wawancara sebagai data skunder. Adapun rumus yang digunakan dalam penelitian ini adalah: F P = — X 100% N Setelah diadakan pengujian hasil penelitian, peneliti mendapatkan hasil bahwa faktor-faktor yang mempengaruhi kurangnya kemampuan siswa dalam membaca Al- Qur’an di Madrasah Aliyah Negeri 1 Pekanbaru dipengaruhi oleh faktor internal yaitu kurangnya minat siswa dalam mendalami Al-Qur’an dan faktor ekternal yaitu kurangnya sarana dan fasilitas yang dimiliki siswa untuk belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.238 Sekolah Menengah Atas, SMA
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: eva sartika
Date Deposited: 31 Aug 2017 02:29
Last Modified: 31 Aug 2017 02:29
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/10954

Actions (login required)

View Item View Item