PELAKSANAAN METODE DEMONSTRASI DALAM PEMBELAJARAN PRAKTEK TAYAMUM DI MADRASAH TSANAWIYAH DARUN NA’IM SIMPANG KUBU KECAMATAN KAMPAR KABUPATEN KAMPAR

Firdaus, (2010) PELAKSANAAN METODE DEMONSTRASI DALAM PEMBELAJARAN PRAKTEK TAYAMUM DI MADRASAH TSANAWIYAH DARUN NA’IM SIMPANG KUBU KECAMATAN KAMPAR KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2010_2010207PAI.pdf

Download (358kB) | Preview

Abstract

Guru merupakan unsur yang sangat penting dalam proses pembelajaran, oleh karena itu guru harus mampu menciptakan iklim belajar yang kondusif, supaya proses belajar mengajar berjalan dengan baik, diantaranya dengan penggunaan metode yang tepat guna dalam proses pembelajaran, salah satunya dengan metode demonstrasi yang akan mampu mendorong siswa lebih aktif belajar dan mampu meningkatkan hasil belajarnya. Bila ditelusuri secara mendalam, proses belajar mengajar merupakan inti dari proses pendidikan formal di sekolah yang di dalamnya terjadi interaksi antara berbagai komponen pengajaran. Komponen-komponen itu dapat dikelompokkan ke dalam 3 kategori utama yaitu guru, isi (materi pelajaran), dan murid. Adapun tujuan penelitian yang penulis lakukan adalah untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan metode demonstrasi dalam pembelajaran Praktek Tayamum di MTs. Darun Na’im Simpang Kubu Kecamatan Kampar Kabupaten Kampar, dan faktor-faktor yang mempengaruhi pelaksanaannya Sedangkan Subjek dalam penelitian ini adalah satu orang guru fiqih, siswa dan siswi kelas VII di MTs Darun Na’im Simpang Kubu Kecamatan Kampar Kabupaten Kampar, dengan populasi satu orang guru Fiqih jadi penulis menggunakan total populasi pada siswa dan siswi yang berjumlah 55. Sedangkan objek dalam penelitian ini adalah pelaksanaan metode demonstrasi dalam pembelajaran Praktek Tayamum, dan teknik pengumpulan data yaitu dengan observasi, angket, wawancara dan dokumentasi, kemudian data yang terkumpul akan dianalisa dengan teknik desktiftif kuantitatif dengan persentase. Setelah penulis melakukan penelitian, penulis mendapaktan kesimpulan bahwa pelaksanaan metode demosnstrasi dalam pembelajaran Praktek Tayamum di MTs. Daruun Na’im Simpang Kubu Kecamatan Kampar Kabupaten Kampar ini adalah Kurang Baik dengan angka persentase 45,32 % dan di dukung oleh data Wawancara serta Dokumentasi, dan adapun faktor-faktor yang mempengaruhi pelaksanaan metode demonstrasi dalam pembelajaran Praktek Tayamum adalah media, waktu yang dibutuhkan, serta guru agama sendiri.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.236 Sekolah Menengah Pertama, SMP
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: eva sartika
Date Deposited: 31 Aug 2017 02:22
Last Modified: 31 Aug 2017 02:22
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/10951

Actions (login required)

View Item View Item