HUBUNGAN MINAT BELAJAR FIQIH DENGAN PENGAMALAN IBADAH SHALAT SISWA MADRASAH TSANAWIYAH BUSTANUL ULUM KECAMATAN SAIL PEKANBARU

Zainul Mustopa, (2010) HUBUNGAN MINAT BELAJAR FIQIH DENGAN PENGAMALAN IBADAH SHALAT SISWA MADRASAH TSANAWIYAH BUSTANUL ULUM KECAMATAN SAIL PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2010_2010198PAI.pdf

Download (467kB) | Preview

Abstract

Allah swt menciptakan Jin dan Manusia itu untuk mengabdi kepada-Nya. Ini ditegaskan oleh Allah swt dalam Al-Quran surat Adz-Dzaariyaat ayat 56 yang berbunyi: Artinya: ”Aku tidak menciptakan jin dan manusia melainkan supaya mereka beribadah kepada Ku”. (Q.S. Adz-Dzaariyaat:56) Secara tegas Allah swt memerintahkan manusia untuk beribadah kepada-Nya dengan Firman-Nya dalam Al-Quran surat Al-Baqarah ayat 21 yaitu: Artinya: “Hai manusia, sembahlah Tuhanmu yang telah menciptakanmu dan orangorang sebelummu, agar kamu bertakwa”. (Q.S. Al-Baqarah: 21) Perintah itu adalah esensi dari semua tugas manusia sehingga tugas pendidikan juga merupakan salah satu tugas dalam rangka beribadah kepada-Nya. Ilmu tentang ibadah dimuat dalam Ilmu Fiqih. Ibadah adalah wajib, mempelajari ilmu tentang ibadah wajib pula, karena tidak mungkin seseorang melaksanakan ibadah itu hanya mengetahui esensi dari ibadah saja tanpa mengetahui cara melakukan ibadah tersebut. Berdasarkan latar belakang dan studi pendahuluan penulis lakukan di sekolah Madrasah Tsanawiyah Bustanul Ulum Kecamatan Sail masih terdapat kejangalan-kejangalan, hal ini terlihat dari gejala-gejala yang penulis temukan antara lain: Adanya siswa yang main-main ketika imam sudah mengucapkan takbir dan ada siswa yang salah melakukan gerakan-gerakan shalat. Batasan masalah yang ditulis yaitu: Hubungan minat belajar Fiqih dengan pengamalan ibadah shalat siswa dan faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi hubungan minat belajar Fiqih dengan pengamalan ibadah shalat siswa. Pilihan batasan ini berdasarkan anggapan bahwa masalah itulah yang paling dekat dan paling berkaitan dengan masalah pokok. Rumuskan masalah sebagai berikuit: Bagaimana hubungan minat belajar Fiqih dengan pengamalan ibadah shalat siswa Dan Faktor-faktor apa sajakah yang mempengaruhi hubungan minat belajar fiqih dengan pengamalan ibadah shalat siswa. Untuk mendapatkan data dilapangan peneliti menggunakan teknik pengumpulan data melalui angket dan wawancara. Dari hasil perhitungan Coeficient Of Determination menunjukkan bahwa r 2 diperoleh nilai sebesar 0,161. ini berarti bahwa variabel x (minat belajar Fikih) memberikan kontribusi sebesar 16% terhadap variabel y (pengamalan ibadah siswa) dan ini berarti sekitar 84 % dipengaruhi oleh faktor-faktor yang lain diluar minat belajar Fiqih. Sedangkan faktor-faktor yang mempengaruhinya ada beberapa faktor yaitu: faktor kebiasaan dan perhatian siswa, faktor ekstern yaitu: lingkungan keluarga, dengan perhatian orang tua untuk membimbing anaknya dan guru di sekolah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.236 Sekolah Menengah Pertama, SMP
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: eva sartika
Date Deposited: 31 Aug 2017 02:03
Last Modified: 31 Aug 2017 02:03
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/10947

Actions (login required)

View Item View Item