PENERAPAN STRATEGI GAMBAR ACAK ( PUZZLE ) DALAM PEMBELAJARAN FIQIH DAN PENGARUHNYA TERHADAP KEAKTIFAN SISWA KELAS II DI MTs.N.I SUNGAI APIT

Dwi Muharni, (2010) PENERAPAN STRATEGI GAMBAR ACAK ( PUZZLE ) DALAM PEMBELAJARAN FIQIH DAN PENGARUHNYA TERHADAP KEAKTIFAN SISWA KELAS II DI MTs.N.I SUNGAI APIT. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2010_2010191PAI.pdf

Download (409kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian eksprimen / uji coba yaitu peneliti langsung berperan dalam proses pembelajaran. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa MTs N I Kecamatan Sungai Apit kelas II yang berjumlah 28 orang terdiri dari 18 orang siswa laki-laki dan 10 orang siswa perempuan pada tahun ajaran 2009 / 2010. Sedangkan pokok bahasan yang peneliti sampaikan adalah tentang puasa. Penalitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh keaktifan siswa kelas II MTs N I Kecamatan Sungai Apit setelah mengikuti pembelajaran dengan menggunakan strategi gambar acak ( puzzle ). Dalam penelitian ini rumusan masalahnya adalah “Penerapan strategi gambar acak ( puzzle ) dalam pembelajaran fiqih dan pengaruhnya terhadap keaktifan siswa kelas II di MTs N I Kecamatan Sungai Apit”. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan observasi,wawancara dan dokumentasi dilakukan dalam setiap pertemuan baik sebelum menggunakan strategi gambar acak ( puzzle ) maupun setelah menggunakan strategi gambar acak ( puzzle ). Tes dalam penelitian ini dalakukan sebanyak 2 kali dengan rincian 1 kali sebelum menggunakan strategi gambar acak ( puzzle ),dan 1 kali dengan setelah menggunakan strategi gambar acak ( puzzle ). Setelah data didapat maka peneliti mengolahnya dengan menggunakan rumus tes “t”untuk sample kecil berkolerasi dengan menggunakan SPSS 16,0. Analisa data menunjukkan bahwa sebelum melakukan tindakan menggunakan strategi gambar acak ( puzzle ) diperoleh to = 3,10, sedangkan analisis data sesudah tindakan menggunakan strategi gambar acak ( puzzle ) diperoleh to = 4,40 berarti jauh lebih besar dari tt t (Tabel) baik pada tahap signifikan 5 % maupun tahap signifikan 1 %. Dengan demikian Ha diterima dan Ho ditolak yang berarti ada perbedaan yang signifikan antara keaktifan siswa sebelum strategi gambar acak (puzzle) dengan setelah strategi gambar acak (puzzle) Berdasarkan analisa data diatas dapat disimpulkan bahwa strategi gambar acak ( puzzle ) dapat mempengaruhi keaktifan siswa kelas II pada pokok bahasan puasa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.236 Sekolah Menengah Pertama, SMP
Depositing User: eva sartika
Date Deposited: 31 Aug 2017 01:59
Last Modified: 31 Aug 2017 01:59
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/10945

Actions (login required)

View Item View Item