KEMAMPUAN SISWA MENGAPLIKASIKAN HUKUM BACAAN MAD DALAM MEMBACA AL-QUR’AN DI MTS PONDOK PESANTREN DARUL QUR’AN DESA TARAI BANGUN KECAMATAN TAMBANG KABUPATEN KAMPAR

Taufik Maratigor, (2010) KEMAMPUAN SISWA MENGAPLIKASIKAN HUKUM BACAAN MAD DALAM MEMBACA AL-QUR’AN DI MTS PONDOK PESANTREN DARUL QUR’AN DESA TARAI BANGUN KECAMATAN TAMBANG KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img] Text
2010_2010180PAI.pdf

Download (553kB)

Abstract

Al-Qur’an sebagai kitab suci umat Islam yang menjadi pedoman dalam kehidupannya tidak akan berfungsi sebagaimana mestinya apabila tidak dibaca dan dipahami isinya. Membaca Al-Qur’an dengan tajwid hukumnya adalah fardu’ain bagi setiap muslim. Sebagaimana yang Allah firmankan didalam Q.S. Al-Muzzammil ayat 4. adapun cara membacanya adalah dengan perlahan-lahan, benar pengucapan huruf- hurufnya dan tepat panjang pendeknya (madnya). Kemampuan mengaplikasikan bacaan Al-Qur’an merupakan suatu hal yang harus dimiliki oleh setiap mukmin, apalagi anak-anak yang baru belajar membaca Al- Qur’an. Berdasarkan pendahuluan yang penulis lakukan, penulis masih menemukan gejala-gejala diantaranya ialah: masih ada sebagian siswa yang belum bisa membaca Al-Qur’an dengan madnya dan ada juga yang sudah mengenal mad tapi belum bisa menerapkannya didalam membaca Al-Qur’an. Berangkat dari persoalan tersebut, maka penulis melakukan penelitian dengan rumusan: bagaimana kemampuan siswa mengaplikasikan hukum bacaan mad dalam membaca Al-Qur’an di MTs Darul Qur’an Kecamatan Tambang Kabupaten Kampar dan apa sajakah faktor-faktor yang mempengaruhinya. Untuk menjaring data di lapangan penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data melalui tes dan angket. Penelitian ini menggunakan analisa deskriptif kualitatif dengan menggunakan rumus, P = F x100% N Berdasarkan data yang diperoleh di lapangan dan setelah dianalisa, maka penelitian ini dapat disimpulkan bahwa kemampuan siswa mengaplikasikan hukum bacaan mad dalam membaca Al-Qur’an di MTs Darul Qur’an Kecamatan Tambang Kabupaten Kampar, termasuk dalam kategori “cukup mampu”. Hal ini dapat dilihat dari hasil akhir persentasenya sebesar 68 %. Sedangkan faktor-faktor yang mempengaruhinya ada beberapa faktor yaitu, adanya kemauan siswa dalam belajar membacaAl-Qur’an, adanya fasilitas yang memadai seperti diberikannya buku secara gratis dan adanya evaluasi belajar tambahan yang dilaksanakan di masjid setelah sholat maghrib.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.236 Sekolah Menengah Pertama, SMP
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: eva sartika
Date Deposited: 31 Aug 2017 01:56
Last Modified: 31 Aug 2017 01:56
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/10944

Actions (login required)

View Item View Item