Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

EKSISTENSI KOMITE SEKOLAH DALAM MENDUKUNG PENYELENGARAAN PENDIDIKAN DI PESANTREN NAHDATUL ULUM KECAMATAN TAPUNG KABUPATEN KAMPAR

Helmiah (2010) EKSISTENSI KOMITE SEKOLAH DALAM MENDUKUNG PENYELENGARAAN PENDIDIKAN DI PESANTREN NAHDATUL ULUM KECAMATAN TAPUNG KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2010_2010176PAI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini diarahkan untuk menjawab persoalan eksistensi komite sekolah yang berada di Pesantren Nahdatul Ulum Kecamatan Tapung Kabupaten Kampar, yang merupakan partner sekolah dalam mendukung pelaksanaan pendidikan di Pesantren Nahdatul Ulum Kecamatan Tapung Kabupaten Kampar. Melalui komite sekolah, orang tua atau masyarakat dapat menyalurkan inspirasinya atau ide-ide demi kemajuan sekolah, namun berdasarkan hasil pengamatan di Pesantren Nahdatul Ulum Kecamatan Tapung Kabupaten Kampar terhadap fungsi dan peran komite sekolah, ditemukan gejala fenomena sebagai berikut: 1. Adanya sebagian orang tua yang termasuk dalam komite sekolah yang tidak mengetahui mengenai penggunaan dana operasional sekolah. 2. Minimnya peran serta komite sekolah dalam pengelolaan program BOS. 3. Belum terlihat secara memadai adanya kerjasama antara sekolah dengan orang tua murid terutama dalam pengembangan sarana dan prasarana pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui eksistensi komite sekolah dalam mendukung penyelengaraan pendidikan di Pesantren Nahdatul Ulum Kecamatan Tapung Kabupaten Kampar. Subjek dalam penelitian ini adalah pengurus dan para anggota komite di Pesantren Nahdatul Ulum Kecamatan Tapung Kabupaten Kampar, yang berjumlah 31 orang. Penelitian dilakukan dengan menggunakan teknik angket Berdasarkan hasil analisis data, diketahui bahwa eksistensi komite sekolah dalam mendukung penyelengaraan pendidikan di Pesantren Nahdatul Ulum Kecamatan Tapung Kabupaten Kampar tergolong cukup tinggi. Namun meskipun secara umum eksistensi komite sekolah tergolong cukup tinggi, masih banyak aspek yang belum dilaksanakan oleh komite sekolah. Hal ini terlihat dari jawaban responden yang menyatakan sangat sering sebesar 11.8%, dan yang menyatakan sering sebesar 51.8%, responden yang menyatakan jarang sebesar 28.1%, sedangkan yang menyatakan tidak pernah sebesar 8.3%. Jika digabungkan jawaban sering dan jarang (SS + SR) berarti sebesar (11,8%+51,8%) sebesar 63,6% responden dan tergolong cukup. Maka dari data tersebut di atas dapat disimpulkan bahwa eksistensi komite sekolah dalam mendukung penyelenggaraan pendidikan di Pesantren Nahdatul Ulum Kecamatan Tapung Kabupaten Kampar dari masing-masing aspek dari skor rata-rata dilihat dari skor rata-rata tergolong cukup. Artinya bahwa eksistensi komite sekolah dalam mendukung penyelengaraan pendidikan di Pesantren Nahdatul Ulum Kecamatan Tapung Kabupaten Kampar pada pelaksanaan pendidikan sudah terlaksana walaupun belum sepenuhnya. Faktor yang mempengaruhi Eksistensi Komite Sekolah dalam mendukung penyelengaraan pendidikan di Pesantren Nahdatul Ulum Kecamatan Tapung Kabupaten Kampar adalah aspek memberikan masukan, pertimbangan dan rekomendasi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: eva sartika
Date Deposited: 31 Aug 2017 01:53
Last Modified: 31 Aug 2017 01:53
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/10943

Actions (login required)

View Item View Item