IMPLEMENTASI KTSP DI MADRASAH TSANAWIYAH AL-HUDA AL-ILAHIYAH CABANG BENTENG BARAT KECAMATAN SUNGAI BATANG INDRAGIRI HILIR

Raodah, (2010) IMPLEMENTASI KTSP DI MADRASAH TSANAWIYAH AL-HUDA AL-ILAHIYAH CABANG BENTENG BARAT KECAMATAN SUNGAI BATANG INDRAGIRI HILIR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img] Text
2010_2010173PAI.pdf

Download (1MB)

Abstract

Tugas guru sebagai pendidik dituntut dapat menguasai berbagai kompetensi dalam mengimplementasikan kurikulum yang sedang berlaku, supaya apa yang diharapkan untuk anak didik dapat diraih dengan baik. Penelitian yang penulis lakukan bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi KTSP dalam pembelajaran dan faktor-faktor yang mempengaruhinya di MTs Al-Huda Al-Ilahiyah Cabang Benteng Barat Kecamatan Sungai Batang Indragiri Hilir. MTs Al-Huda Al-Ilahiyah Cabang Benteng Barat sebagai lembaga pendidikan, seperti halnya dengan lembaga pendidikan lain, dalam pembelajaran berpedoman pada kurikulum. Adapun kurikulum yang diterapkannya ialah Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Namun berdasarkan studi pendahuluan yang penulis lakukan pada akhir bulan September 2009 ditemukan gejala yang berkaitan dengan implementasi KTSP di MTs Al-Huda Al-Ilahiyah Cabang Benteng Barat. Gejala tersebut adalah masih adanya guru-guru di MTs Al-Huda Al-Ilahiyah Cabang Benteng Barat yang memonopoli pembelajaran dan kurang memamfaatkan waktu yang sudah dialokasikan, belum membuat silabus, RPP, dan kalender pendidikan dengan sempurna dan belum mengadakan program remedial dan pengayaan secara optimal. Maka peneliti ingin melihat tentang bagaiamana implementasi KTSP dalam pembeajaran dan faktor-faktor yang mempengaruhinya di MTs Al-Huda Al-Ilahiyah Cabang Benteng Barat Kecamatan Sungai Batang Indragiri Hilir. Selanjutnya, untuk mecapai tujuan dari penelitian ini maka penulis menggunakan teknik observasi dan wawancara terhadap subjek penelitian (kepala Madrasah dan guru-guru MTs Al-Huda Al-Ilahiyah Cabang Benteng Barat). Adapun teknis anaslisis data yang digunakan ialah deskriptif kualitatif dengan persentase. Rumusnya ialah: f p = X 100 %. N Berdasarkan data yang diperoleh di lapangan, dapat disimpulkan bahwa Implementasi KTSP dalam pembelajaran di MTs Al-Huda al-Ilahiyah Cabang Benteng Barat Kecamatan Sungai Batang Indragiri Hilir masih kurang optimal karena secara kualitatif persentase hanya diperoleh skor 55%. Kurang optimalnya hal tersebut disebabkan rendahnya pendidikan guru, kurangnya pengetahuan guru tentang KTSP, terbatsanya dana dan fasilitas yang kurang memadai serta kurang ketatnya pengawasan dari kepala madrasah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.236 Sekolah Menengah Pertama, SMP
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: eva sartika
Date Deposited: 31 Aug 2017 01:50
Last Modified: 31 Aug 2017 01:50
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/10942

Actions (login required)

View Item View Item