UPAYA GURU MENDISIPLINKAN SISWA DALAM MENGIKUTI KEGIATAN TILAWATIL QUR’AN DI MTs AL-MUTTAQIN KECAMATAN TAMPAN KOTA PEKANBARU

Budi Hartono, (2010) UPAYA GURU MENDISIPLINKAN SISWA DALAM MENGIKUTI KEGIATAN TILAWATIL QUR’AN DI MTs AL-MUTTAQIN KECAMATAN TAMPAN KOTA PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img] Text
2010_2010162PAI.pdf

Download (308kB)

Abstract

Guru mempunyai tanggung jawab untuk melihat segala sesuatu yang terjadi di dalam lingkungan, untuk membantu perkembangan anak. Tugas seorang guru secara terperinci adalah memberikan arahan, mengawasi dan memberikan motivasi untuk mencapai tujuan pengajaran baik jangka pendek maupun jangka panjang, memberi fasilitas berupa pengalaman belajar yang memadai serta membantu siswa dalam mengembangkan diri seperti sikap, nilai dan penyesuaian diri. Dalam proses pembelajaran di MTs Al-Muttaqin Kecamatan Tampan Kota Pekanbaru tentunya mengharapkan kondisi belajar tilawatil Qur’an yang baik dan disiplin yang baik pula. Namun pada kenyataanya pada kegiatan terbut masih banyak kekurangan dan hambatan yang ditemui, dimana banyak siswa yang tidak mengikuti kegiatan tilawatil Qur’an dan guru yang kurang tegas dalam mengambil tindakan bagi siswa yang melanggar aturan tersebut. Berdasarkan studi pendahuluan penulis menemukan gejala-gejala sebagai berikut : 1. Siswa sering terlambat ketika kegiatan tilawatil Qur’an akan dimulai. 2. Masih ada siswa yang tidak ikut dalam kegiatan tilawatil Qur’an. 3. Masih ada siswa yang duduk-duduk di luar ketika kegiatan tilawatil Qur’an sedang berlangsung. 4. Masih ada siswa yang bercerita ketika kegiatan tilawatil Qur’an sedang berlangsung. Berdasarkan gejala-gejala yang dipaparkan di atas, maka penulis tertarik untuk mengadakan penelitian ilmiah dengan judul: " Upaya Guru Mendisiplinkan Siswa dalam mengikuti Kegiatan Tilawatil Qur’an di MTs Al-Muttaqin Kecamatan Tampan Kota Pekanbaru". Berdasarkan hasil penelitian Bahwa upaya yang dilakukan guru mendisiplinkan siswa dalam mengikuti kegiatan tilawatil Qur’an mengalami kesulitan dalam menanamkan kedisiplinan bagi siswa, dan hasil tersebut dibuktikan dari hasil penelitian peneliti yakni dikategorikan Sedang, dengan porsentase 75%. Dari usahausaha yang dilakukan guru tersebut masih ada juga hal-hal yang tidak dapat dilaksanakan untuk mendisiplinkan siswa.Kemudian faktor-faktor yang mempengaruhi guru tentang upaya mendisiplinkan siswa dalam mengikuti kegiatan tilawatil Qur’an terbagi dua, yaitu: faktor pendukung dan faktor penghambat. 1. Faktor pendukung a. Pengawasan serta motivasi kepala sekolah kepada guru pembimbing dalam proses kegiatan tilawatil Qur’an atau kegiatan ekstrakurikuler sangat dianjurkan. b. Kerjasama orang tua, antar guru pembimbing dan guru yang lain terjalin dengan baik memudahkan untuk mencermati gejala. 2. Sedangkan untuk faktor penghambat upaya guru dapat penulis simpulkan bahawa kurangnya kerja sama guru-guru yang ada di MTs Al-Muttaqin Kecamatan Tampan Kota Pekanbaru, serta fasilitas penunjang proses kegiatan yang sangat minim.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.236 Sekolah Menengah Pertama, SMP
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: eva sartika
Date Deposited: 31 Aug 2017 01:42
Last Modified: 31 Aug 2017 01:42
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/10939

Actions (login required)

View Item View Item