PELAKSANAAN METODE DRILL DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMAN I PANGKALAN KURAS KECAMATAN PANGKALAN KURAS

Kiki Melinda Damanik, (2010) PELAKSANAAN METODE DRILL DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMAN I PANGKALAN KURAS KECAMATAN PANGKALAN KURAS. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2010_2010148PAI.pdf

Download (541kB) | Preview

Abstract

Metode drill adalah suatu cara belajar dalam proses pembelajaran dengan menggunakan latihan secara rutin untuk memperoleh kecakapan yang lebih baik dari apa yang telah telah dipelajari, karena hanya dengan melakukan latihan rutin, suatu ilmu dapat disempurnakan dan disiap siagakan. Dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam (Aqidah, Fiqh, Akhlak, Al-Qur’an dan Hadits) metode drill sangat baik digunakan, khususnya pada materi-materi yang bersifat hafalan seperti hafalan ayat ataupun praktek-praktek ibadah. Namun untuk Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di sekolah-sekolah umum, salah satunya SMAN I Pangkalan Kuras, keempat aspek materi diatas dirangkum dalam satu mata pelajaran dan hanya dipelajari sekali dalam seminggu dengan waktu dua jam pelajaran, sementara di dalamnya memuat materi yang sangat kompleks. Oleh karenanya penulis tertarik untuk melakukan penelitian terhadap pelaksanaan metode drill dalam pembelajaran pendidikan Agama Islam di SMAN I Pangkalan Kuras. Adapun permasalahan yang diteliti oleh penulis dalam skripsi ini adalah: bagaimana pelaksanaan metode drill dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMAN I Pangkalan Kuras kecamatan Pangkalan Kuras. Perolehan data didapat dari hasil observasi terhadap guru bidang studi Pendidikan Agama Islam yang berjumlah dua orang dan data pendukungnya dengan menggunakan teknik wawancara terhadap guru, siswa dan pihak-pihak lain yang dianggap perlu. Hasil observasi dan wawancara tersebut, diolah dengan menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif. Dan akhirnya penulis memperoleh hasil bahwa pelaksanaan metode drill dalam pembelajaran pendidikan agama Islam di SMAN I Pangkalan Kuras “kurang baik” dengan jumlah frekuensi yaitu 55%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.238 Sekolah Menengah Atas, SMA
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: eva sartika
Date Deposited: 31 Aug 2017 01:36
Last Modified: 31 Aug 2017 01:36
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/10937

Actions (login required)

View Item View Item