PERBANDINGAN TENTANG CARA BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM JURUSAN IPA DENGAN JURUSAN IPS DI KELAS II SMA NEGERI 2 PEKANBARU

Rahmi Yati, (2010) PERBANDINGAN TENTANG CARA BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM JURUSAN IPA DENGAN JURUSAN IPS DI KELAS II SMA NEGERI 2 PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2010_201083PAI.pdf

Download (737kB) | Preview

Abstract

Belajar merupakan serangkaian kegiatan yang berproses dan merupakan unsur yang sangat fundamental dalam setiap penyelenggaraan jenis dan jenjang pendidikan. Ini berarti bahwa berhasil atau gagalnya pencapaian tujuan pendidikan itu amat tergantung pada proses belajar yang dialami siswa. Belajar yang efesien dapat tercapai bila dapat menggunakan strategi belajar yang tepat. Cara belajar yang baik atau efisien diperlukan untuk dapat mencapai hasil yang semaksimal mungkin. Cara belajar yang baik dapat dilakukan melalui proses yang teratur. Cara belajar yang efektif salah satunya dapat dilakukan dengan cara belajar sendiri dan belajar di rumah. Cara belajar ini telah dilakukan oleh siswa kelas II SMA N 2 Pekanbaru, namun terdapat perbedaan cara belajar antara siswa jurusan IPA dan siswa jurusan IPS. Sehingga pertanyaan yang muncul adalah apakah terdapat perbedaan yang signifikan tentang cara belajar siswa mata pelajaran Pendidikan Agama Islam antara siswa jurusan IPA dengan siswa jurusan IPS? Dan apakah faktor-faktor yang mempengaruhi cara belajar siswa jurusan IPA dan siswa jurusan IPS. Maka untuk menemukan jawaban dari masalah di atas, penulis telah melakukan penelitian deskriptif dan mengumpulkan data dengan metode angket, wawancara dan observasi. Angket digunakan untuk mengumpulkan data tentang cara belajar siswa dan faktor yang mempengaruhi cara belajar siswa. Sedangkan wawancara dan observasi digunakan untuk memperkuat data tentang cara belajar siswa. Setelah data diproses melalui teknik deskriptif kualitatif dengan prosentase, diperoleh kesimpulan bahwa cara belajar siswa jurusan IPA termasuk dalam kategori bagus dengan prosentase 66,62%, dan cara belajar siswa jurusan IPS juga termasuk dalam kategori bagus dengan prosentase 63,38%. Adapun faktor penghambat cara belajar siswa mata pelajaran Pendidikan Agama Islam siswa jurusan IPA yaitu kedisiplinan siswa dalam belajar masih kurang khususnya dalam menghadapi ujian sedangkan siswa jurusan IPS masih adanya ekonomi orang tua yang kurang mencukupi serta kedisiplinan siswa dalam belajar masih kurang khususnya dalam menghadapi ujian. Dengan demikian perbandingan cara belajar mata pelajaran Pendidikan Agama Islam antara siswa jurusan IPA dan siswa jurusan IPS tidak terdapat perbedaan yang signifikan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.238 Sekolah Menengah Atas, SMA
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: eva sartika
Date Deposited: 30 Aug 2017 08:18
Last Modified: 30 Aug 2017 08:18
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/10928

Actions (login required)

View Item View Item