UPAYA PENINGKATAN AKTIVITAS MURID DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW PADA MURID KELAS V SDN 050 KAMPUNG PANJANG KECAMATAN KAMPAR UTARA KABUPATEN KAMPAR

Nurhayati, (2010) UPAYA PENINGKATAN AKTIVITAS MURID DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW PADA MURID KELAS V SDN 050 KAMPUNG PANJANG KECAMATAN KAMPAR UTARA KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2010_201074PAI.pdf

Download (385kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas murid dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam kelas V Sekolah Dasar Negeri 050 Kampung Panjang Kecamatan Kampar Utara Kabupaten Kampar dengan menggunakan model Pembelajaran Jigsaw. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan tujuan pembahasan meningkatkan kekurangan-kekurangan yang terdapat dalam pembelajaran di kelas, salah satunya adalah meningkatkan aktivitas murid dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam, serta dapat memperbaiki dan meningkatkan praktek-praktek pembelajaran di kelas secara profesional. Subjek dalam penelitian ini adalah murid kelas V Sekolah Dasar Negeri 050 Kampung Panjang Kecamatan Kampar Utara Kabupaten Kampar pada semester genap tahun pelajaran 2008/2009. Instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi. Observasi yang dilakukan sebagai pengumpulan data untuk mengetahui peningkatan aktivitas murid dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Dari pengamatan yang dilakukan, peningkatan aktivitas murid dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Dari pengamatan yang dilakukan, peningkatan aktivitas murid dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam cukup signifikan. Ini bisa dilihat dari pertemuan pertama tanpa penerapan Model Pembelajaran Jigsaw bahwa aktivitas murid cukup rendah, hanya mencapai 40,0%. Kemudian setelah penerapan Model Pembelajaran Jigsaw pada siklus pertama meningkat 58,7%. Pada siklus kedua 78,1% dan pada siklus ketiga meningkat 83,6%. Berdasarkan analisis penulisan dapat disimpulkan bahwa penggunaan Model Pembelajaran Jigsaw dapat meningkatkan aktivitas murid dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada kelas V Sekolah Dasar Negeri 050 Kampung Panjang Kecamatan Kampar Utara Kabupaten Kampar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: eva sartika
Date Deposited: 30 Aug 2017 08:16
Last Modified: 30 Aug 2017 08:16
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/10927

Actions (login required)

View Item View Item