Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

MENINGKATKAN KEMAMPUAN MELAPAZKAN HURUF HIJAIYAH MELALUI METODE CANTOL PADA SISWA KELAS II SDN 018 DESA PULAU LAWAS KECAMATAN BANGKINANG SEBERANG KABUPATEN KAMPAR

Hasnah (2010) MENINGKATKAN KEMAMPUAN MELAPAZKAN HURUF HIJAIYAH MELALUI METODE CANTOL PADA SISWA KELAS II SDN 018 DESA PULAU LAWAS KECAMATAN BANGKINANG SEBERANG KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2010_201063PAI.pdf

Download (312kB) | Preview

Abstract

Guru perlu meningkatkan kemampuan belajar siswa melalui berbagai metode yang akan diterapkan guru dalam proses pembelajaran di kelas. Selama ini kemampuan siswa rendah bisa jadi disebabkan oleh salahnya metode yang diterapkan guru dalam proses pembelajaran. Oleh sebab itu Roestiyah NK mengatakan: “Di dalam proses belajar mengajar guru harus memiliki strategi, agar siswa dapat belajar secara efektif dan efisien, mengena pada tujuan yang diharapkan. Salah satu langkah untuk memiliki strategi itu ialah harus menguasai teknik-teknik penyajian atau biasa disebut metode mengajar.” Berdasarkan observasi awal yang penulis lakukan di Kelas II SDN 018 Desa Pulau Lawas Kecamatan Bangkinang Seberang, diperoleh keterangan bahwa dalam proses pembelajaran Al-Qur'an khususnya huruf hijaiyah, guru telah melakukan pembelajaran tepat waktu, memiliki administrasi pembelajaran, menggilirkan siswa untuk menghafal huruf hijaiyah, memberikan reward kepada anak agar menghafal huruf hijaiyah, Dengan demikian guru telah melakukan upaya untuk meningkatkan kemampuan menghafal siswa dalam belajar, namun kenyataannya masih terdapat siswa yang tidak memiliki kemampuan dalam menghafal huruf hijaiyah seperti siswa tidak dapat menghafal huruf hijaiyah dengan lafal yang benar, siswa tidak dapat menghafal huruf hijaiyah dengan tanda baca, siswa tidak dapat menuliskan huruf yang diminta oleh guru di papan tulis. Dari gejala-gejala tersebut, penulis ingin menelitinya dengan judul: " Meningkatkan kemampuan mengahafal huruf hijaiyah melalui metode Cantol pada siswa Kelas II SDN 018 Desa Pulau Lawas Kec. Bangkinang Seberang Kab. Kampar”. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah Metode Cantol dapat menigkatkan kemampuan siswa dalam menghafal huruf hijaiyah di SDN 018 Desa Pulau Lawas Kec. Bangkinang Seberang Kabupaten Kampar. Berdasarkan hasil penelitian yang telah penulis lakukan, dapat disimpulkan bahwa: Kemampuan siswa dalam menghafal huruf hijaiyah dengan metode drill, sebelum tindakan (sebelum menggunakan metode cantol), di Kelas II SDN 018 Desa Pulau Lawas Kecamatan Bangkinang Seberang adalah masih rendah atau kurang baik, hal ini sesuai dengan rekapitulasi hasil observasi terhadap siswa sebelum tindakan yaitu (43%). Kemampuan siswa dalam menghafal huruf hijaiyah setelah tindakan (setelah menggunakan metode cantol), di Kelas II SDN 018 Desa Pulau Lawas Kecamatan Bangkinang Seberang adalah baik, hal ini sesuai dengan rekapitulasi hasil observasi terhadap siswa setelah tindakan yaitu (81%)

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: eva sartika
Date Deposited: 30 Aug 2017 08:10
Last Modified: 30 Aug 2017 08:10
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/10925

Actions (login required)

View Item View Item