PENGARUH PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF TIPE GROUP RESUME ( RESUME KELOMPOK) TERHADAP HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SISWA KELAS VII SMPs UPT I GHS I KECAMATAN TELUK BELENGKONG KABUPATEN INDRAGIRI HILIR

Hesti Azizah, (2010) PENGARUH PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF TIPE GROUP RESUME ( RESUME KELOMPOK) TERHADAP HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SISWA KELAS VII SMPs UPT I GHS I KECAMATAN TELUK BELENGKONG KABUPATEN INDRAGIRI HILIR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2010_201042PAI.pdf

Download (837kB) | Preview

Abstract

Strategi pembelajaran merupakan cara-cara yang digunakan guru untuk menyampaikan bahan pelajaran kepada siswa agar mencapai tujuan pembelajaran. Dalam pelaksanaan pembelajaran, tepatnya strategi yang digunakan maka akan efektif dan efesien bila kegiatan belajar mengajar yang dilakukan oleh guru dan siswa akhirnya dapat mengantarkan keberhasilan belajar siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh yang signifikan dari penerapan strategi belajar aktif tipe group resume terhadap hasil belajar siswa kelas VII SMPs UPT I GHS I. Adapun permasalahannya adalah hasil belajar PAI siswa masih tergolong rendah. Hal ini disebabkan oleh penggunaan strategi yang tidak bervariasi, sehingga siswa bosan dalam mengikuti proses pembelajaran, hal ini terlihat dalam proses itu sediri. Dari permasalahan diatas maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: ”Apakah ada pengaruh yang signifikan strategi belajar aktif tipe group resume ini terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas VII SMPs UPT I GHS I kecamatan Teluk Belengkong kabupaten Indragiri Hilir?”. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMPs UPT I GHS I sebanyak 20 siswa, peneliti mengambil langsung semua populasi tersebut dikarenakan jumlah populasi yang sedikit, dengan tekhnik pengambilan data menggunakan tes. Tes diberikan diakhir pertemuan setelah penerapan strategi group resume diterapkan. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan Tes ”t” yaitu dengan menggunakan komputer. Dari analisis data menunjukkan bahwa perbandingan to= - 11,000 berarti lebih besar daripada tt (tanda minus diabaikan) pada taraf signifikan 5%=2,09dan 1%=2,84(11,000 > 2,09 dan 11,000 > 2,84) sehingga hipotesis nihil yang menyatakan tidak ada pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar siswa kelas VII SMPs UPT I GHS I ditolak. Dan dari perbedaaan mean rata-rata, siswa menunjukkan sesudah penerapan lebih tinggi dari pada hasil belajar sebelum penerapan, yaitu (sebelum penerapan) dan ( setelah penerapan) maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan strategi group resume terhadap hasil belajar pendidikan Agama Islam siswa kelas VII SMPs UPT I GHS I kecamatan Teluk Belengkong kabupeten Indragiri Hilir.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.236 Sekolah Menengah Pertama, SMP
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: eva sartika
Date Deposited: 30 Aug 2017 07:56
Last Modified: 30 Aug 2017 07:56
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/10922

Actions (login required)

View Item View Item