PENGGUNAAN METODE DISKUSI DAN PENGARUHNYA TERHADAP AKTIFITAS SISWA KELAS VIII DALAM PROSES PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMPN 5 PERHENTIAN RAJA KABUPATEN KAMPAR

Marwan Sahidin, (2010) PENGGUNAAN METODE DISKUSI DAN PENGARUHNYA TERHADAP AKTIFITAS SISWA KELAS VIII DALAM PROSES PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMPN 5 PERHENTIAN RAJA KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2010_201041PAI.pdf

Download (318kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidak adanya pengaruh penggunaan metode diskusi terhadap aktivitas belajar siswa dalam proses pembelajaran pendidikan agama Islam di SMPN 5 Perhentian Raja Kabupaten Kampar. Dalam dalam penelitian ini rumusan masalah adalah “Bagaimana penggunaan metode diskusi dan pengaruhuya terhadap aktivitas siswa dalam proses pembelajaran pendidikan agama Islam di SMPN 5 Perhentian Raja Kabupaten Kampar” Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan, peneliti menyimpulkan bahwa aktivitas belajar siswa kelas VIII b SMPN 5 Perhentian Raja masih perlu ditingkatkan, hal ini ditandai dengan gejala-gejala yang ditemukan seperti, sewaktu dibentuk kelompok belajar tidak semua siswa yang mau berdiskusi dengan teman–temannya, siswa kebanyakan diam dan sedikit sekali siswa mau bertanya tentang materi yang belum mereka pahami, sewaktu mengajukan pertanyaan tentang materi pelajaran yang didiskusikan sedikit sekali siswa yang menjawab, ada sebagian siswa yang keluar masuk kelas ketika diskusi berlangsung. Penelitian ini merupakan penelitian korelasi antara metode diskusi dengan aktivitas belajar siswa. Yang menjadi subjek dalam penelitian ini adalah guru pendidikan agama Islam dan siswa SMPN 5 Perhentian Raja Kabupaten Kampar dan objeknya adalah metode diskusi dan aktivitas belajar siswa. Sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIIIb SMPN 5 Perhentian Raja dari tahun 2008/2009 yang berjumlah 29 orang. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan penulis, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat korelasi yang signifikan antara penggunaan metode diskusi dan pengarunnya terhadap aktivitas siswa dalam proses pembelajaran pendidikan agama Islam di SMPN 5 Perhentian Raja Kabupaten Kampar. Hal ini dapat dilihat dari hasil penelitian korelasi koefisien kontingensi yang diperoleh yakni 0,79 lebih besar dari “r” table product moment pada taraf signifikan 5% (0,304) dan pada taraf signifikan 1% (0,393). Atau. 0,304 <0,79>0,393 Dengan demikian maka Ha diterima dan Ho ditolak, yang berarti metode diskusi pada mata pelajaran pendidikan agama Islam mempunyai pengaruh terhadap aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama Islam. Dalam arti kata jika guru menggunakan metode diskusi dengan baik maka semakin tinggi pula aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama Islam.demikain pula sebaliknya apabila guru menggunakan metode diskusi pada mata pelajaran pendidikan agama Islam kurang baik, maka aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama Islam ikut rendah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: eva sartika
Date Deposited: 30 Aug 2017 07:53
Last Modified: 30 Aug 2017 07:53
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/10921

Actions (login required)

View Item View Item