MENINGKATKAN MOTIVASI SISWA KELAS V PADA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MATERI KISAH ABU BAKAR MELALUI TEKNIK PENYAJIAN STRATEGI PEMBELAJARAN EKSPOSITORI (SPE) SEKOLAH DASAR NEGERI 004 OLAK KECAMATAN SUNGAI MANDAU KABUPATEN SIAK

Suharti, (2010) MENINGKATKAN MOTIVASI SISWA KELAS V PADA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MATERI KISAH ABU BAKAR MELALUI TEKNIK PENYAJIAN STRATEGI PEMBELAJARAN EKSPOSITORI (SPE) SEKOLAH DASAR NEGERI 004 OLAK KECAMATAN SUNGAI MANDAU KABUPATEN SIAK. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2010_201040PAI.pdf

Download (648kB) | Preview

Abstract

Mata pelajaran PAI dengan materi kisah Abu Bakar marupakan sejarah Islam yang harus kita pelajari dan kita jadikan teladan dalam kehidupan. Oleh karena itu pembelajaran kisah Abu Bakar sudah diajarkan di Sekolah Dasar. Meningkatkan motivasi dalam pembelajaran PAI pada materi kisah Abu Bakar tidak terepas dari kemampuan guru untuk menggunakan metode dan strategi pembelajaran. Salah satu strategi pembelajaran yang dianggap tepat dan mampu meningkatkan motivasi siswa kelas V pada materi kisah Abu Bakar adalah strategi pembelajaran Ekspositori (SPE). Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian para siswa SDN 004 Olak Kecamatan Sungai Mandau Kabupaten Siak dan Objek penelitian adalah materi kisah Abu Bakar, penelitian ini dilakukan di SDN 004 Olak Kecamatan Sungai Mandau Kabupaten Siak kelas V dengan jumlah siswa 16 orang. Jenis penelitian ini adalah penelitian Deskriptif kualitatif yang didapat dari rencana pembelajaran dan lembar observasi dengan rumus persentase = ´100% N F P Berdasarkan hasil penelitian yang telah penulis laksanakan dapat disimpulkan bahwa motivasi belajar siswa kelas V materi pembelajaran kisah Abu Bakar SDN 004 Olak sebelum tindakan dilaksanakan menunjukkan hasil berada pada nilai 40.00% yang masuk dalam kategori rendah. Namun setelah dilaksanakan tindakan kelas dengan mempraktekkan strategi pembelajaran ekspositori (SPE) dalam materi kisah Abu Bakar kelas V SDN 004 Olak mengalami peningkatan yang sangat signifikan, dimana pada siklus akhir motivasi kelas V pembelajaran kisah Abu Bakar berada pada kategori tinggi dengan nilai 83.75%. Dari penelitian tersebut ternyata hasilnya adalah terdapat peningkatan motivasi siswa kelas V SDN 004 Olak setelah guru melakukan tindakan kelas dengan menggunakan strategi pembelajaran ekspositori (SPE).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: eva sartika
Date Deposited: 30 Aug 2017 07:51
Last Modified: 30 Aug 2017 07:51
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/10920

Actions (login required)

View Item View Item