PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TUNTAS DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MELAKUKAN ZIKIR SETELAH SHOLAT SISWA KELAS IV SDN 010 DELIMA JAYA KECAMATAN PELALAWAN KABUPATEN PELALAWAN

Umi Salamah, (2010) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TUNTAS DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MELAKUKAN ZIKIR SETELAH SHOLAT SISWA KELAS IV SDN 010 DELIMA JAYA KECAMATAN PELALAWAN KABUPATEN PELALAWAN. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2010_201037PAI.pdf

Download (399kB) | Preview

Abstract

Belajar tuntas berasumsi bahwa di dalam kondisi yang tepat semua peserta didik mampu belajar dengan baik, dan memperoleh hasil yang maksimal terhadap seluruh materi yang dipelajari. Agar semua peserta didik memperoleh hasil belajar secara maksimal, pembelajaran harus dilaksanakan dengan sistematis. Kesistematisan akan tercermin dari strategi pembelajaran yang dilaksanakan, terutama dalam mengorganisir tujuan dan bahan belajar, melaksanakan evaluasi dan memberikan bimbingan terhadap peserta didik yang gagal mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penerapan model pembelajaran tuntas dapat meningkatkan kemampuan melakukan zikir setelah sholat pada siswa kelas IV SDN 010 Delima Jaya Kecamatan Pelalawan Kabupaten Pelalawan. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu melalui observasi, tes atau latihan yang dilakukan pada siswa, dan dari hasil tugas individu setiap siswa. Teknik analisa data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik deskriptif kualitatif dengan persentase. Caranya adalah apabila semua data telah terkumpul, lalu diklasifikasikan menjadi dua kelompok yaitu data kualitatif dan kuantitatif. Terhadap data yang bersifat kualitatif yaitu yang digambarkan dengan kata-kata atau kalimat yang dipisah-pisahkan menurut kategori untuk memperoleh kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan maka penulis dapat mengambil kesimpulan yaitu penerapan model pembelajaran tuntas mengenai materi zikir setelah sholat pada siswa kelas IV SDN 010 Delima Jaya Kecamatan Pelalawan Kabupaten Pelalawan dapat meningkatkan kemampuan siswa pada materi zikir setelah sholat tersebut. Hal ini karena pada model pembelajaran tuntas ini seluruh siswa dituntut untuk bisa mencapai nilai ketuntasan minimal. Di samping itu, bagi siswa yang belum memperoleh nilai minimal yang ditetapkan akan diadakan remedial dan bimbingan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: eva sartika
Date Deposited: 30 Aug 2017 07:46
Last Modified: 30 Aug 2017 07:46
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/10918

Actions (login required)

View Item View Item