PERILAKU SISWA DAN FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHINYA DI MADRASAH ALIYAH HASANAH PEKANBARU

Ilmett Yozi, (2010) PERILAKU SISWA DAN FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHINYA DI MADRASAH ALIYAH HASANAH PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2010_201034PAI.pdf

Download (264kB) | Preview

Abstract

Fenomena yang terjadi, prilaku kenakalan siswa yang ada di Madrasah Aliyah Hasanah Pekanbaru tidak lepas dari pengaruh lingkungan sekolah, masyarakat dan lingkungan keluarga, prilaku kenalakan yang terjadi seperti kenakalan cabut sekolah, tidak tepat waktu, melawan guru, merokok di sekolah, dan melanggar peraturan sekolah, perkelahian, suka mengganggu teman yang sedang belajar dan lain sebagainya. Berdasarkan dari kode etik/peraturan yang telah ditetapkan oleh kepala sekolah/lembaga seharusnya diiringi dengna perilaku ang baik pula dari siswa, namun hal ini masih jauh dari apa yang diharapkan yang dapat dilihat dari gejala-gejala sebagai berikut: Masih ada sebagian siswa yang kurang patuh terhadap nasehat guru dan orang tua, Masih ada sebagain siswa yang kurang bisa menciptakan suasana kehidupan sekolah yang produktif, Masih ada sebagian siswa yang memakai seragam sekolah tidak sesuai dengan ketentuan yang ditetapkan sekolah, Masih ada siswa yang berambut gondrong, Masih ada sebagian siswa yang tidak mengikuti apel senin pagi. Tujuan penelitian sebagai Untuk mengetahui prilaku siswa MA Hasanah Pekanbaru. Untuk mengetahui faktor-faktor apa yang mempengaruhinya perilaku siswa MA Hasanah Pekanbaru. Kegiatan penelitian adalah salah satu sumber informasi bagi pihak-pihak yang terkait terutama bagi siswa dan lembaga pendidikan pada umumnya, harusnya khususnya MA Hasanah Pekanbaru. Untuk memberikan konstribusi pengetahuan secara ilmiah khususnya terosi prilaku siswa. Secara praktis dapat membantu para dosen, mahasiswa dan kalangan akademis lainnya dalma menyusun buku yang ada hubungannya dengna masalah prilaku. Adapun yang menjadi populasi dalam penelitian ini adalah 142 orang siswa. Dan sekaligus dijadikan sebagai penelitian. Adapuan teknik yang digunakan yaitu teknik total proposip sampling yaitu teknik penentuan keseluruhan dijadikan penelitian. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Angket, wawancara, dan dokomentasi digunakan untuk mendapatkan bagian prilaku siswa faktor-faktor yang mempengaruhi siswa MA Hasanah Pekanbaru Analisa data penelitian. Teknik Analisis Data yang digunakan teknik analisa secara kuantitatif perjuangan dengan bentuk tebel dengna angka-angka dan persentase. Dengan menggunakan tolak ukur sebagai berikut, Sangat baik 70-100% b. Kurang baik: 55- 75% c. Tidak baik: 55%. Dari hasil pengolahan data sebagaimana dijelaskan pada bab IV, dan sdisesuaikan pada bab III, maka dapat disimpulkan bahwa: 1. Prilaku siswa Hasanah dapat dikategorikan kepada kurang baik dengan nilai 72,7% 2. Adapun faktor yang mempengaruhi prilaku siswa diantaranya adalah: - Karena diajak teman 38,4% - Karena dipengaruhi lingkungan sekolah 42,4% - Faktor keluarga 46,1% - Adat atau kebiasaan dalam keluarga 39,3% - Sanksi yang diberikan oleh guru tidak mampu mempengaruhinya 38,5% - Siswa tidak mematuhi peraturan sekolah yang diberikan oleh kepala sekolah 38,5%

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.238 Sekolah Menengah Atas, SMA
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: eva sartika
Date Deposited: 30 Aug 2017 07:44
Last Modified: 30 Aug 2017 07:44
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/10917

Actions (login required)

View Item View Item