Ibrahim (2010) PELAKSANAAN METODE DISKUSI PANEL DALAM MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI KELAS III SMP 1 GEMA KECAMATAN KAMPAR KIRI HULU KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
2010_201023PAI.pdf Download (363kB) | Preview |
Abstract
Guru ádalah komponen terpenting dalam proses pembejaran, peranan guru tersebut sangat menentukan berhasil atau tidaknya sebuah pembelajaran. Maka oleh karena itu seorang guru harus memahami secara konperhensif mengenai hal-hal yang berkaitan dengan pembelajaran seperti motode, strategi, media, materi, dan tujuan pembelajaran itu sendiri. Dalam dunia pendidikan terdapat banyak sekali metode pembelajaran seperti metode ceramah, drill, kuis tim, debat aktif dan sebagainya. Salah satunya adalah metode diskusi panel yang bertujuan untuk mengembangkan kemampuan dan kreatifitas siswa. Pada dasarnya penggunaan metode yang tepat dalam proses pembelajaran akan membuat tujuan pembelajaran tersebut mudah dicapai Adapun tujuan penelitian yang penulis lakukan adalah untuk mengetahui bagaimana Pelaksanaan Metode Diskusi Panel Dalam Mata Pelajaran Pendidkan Agama Islam Di SMP I Gema Kecamatan Kampar Kiri Hulu Kabupaten Kampar, dan factor-faktor yang mempengaruhi pelaksanaannya Subjek dalam penelitian ini adalah guru agama SMP I Gema Kecamatan Kampar Kiri Hulu Kabupaten Kampar dengan populasi yang berjumlah 1 orang dan objek dalam penelitian ini adalah Pelaksanaan Metode Diskusi Panel Dalam Mata Pelajaran Pendidkan Agama Islam Di SMP I Gema Kecamatan Kampar Kiri Hulu Kabupaten Kampar, sedangkan teknik pengumpulan data kumpulkan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi, kemudian data yang terkumpul akan di analisa dengan teknik desktiftif kualitatif dengan persentase. Setelah penulis melakukan penelitian, penulis mendapatkan kesimpulan Pelaksanaan Metode Diskusi Panel Dalam Mata Pelajaran Pendidkan Agama Islam Di SMP I Gema Kecamatan Kampar Kiri Hulu Kabupaten Kampar adalah kurang baik dengan angka persentase 52.2% dan didukung oleh wawancara serta dokumentasi, dan adapun faktor-faktor yang mempengaruhi pelaksanaan metode diskusi panel dalam mata pelajan Pendidikan Agama Islam di SMP I Gema adalah waktu, keaktifan siswa, serta guru agama sendiri.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.236 Sekolah Menengah Pertama, SMP |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | eva sartika |
Date Deposited: | 30 Aug 2017 07:42 |
Last Modified: | 30 Aug 2017 07:42 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/10916 |
Actions (login required)
View Item |