Sri Astuti (2010) PELAKSANAAN METODE DEMONSTRASI DALAM PEMBELAJARAN SHALAT JENAZAH DI MTs HIMMATUL UMMAH DESA SUMBER MAKMUR KECAMATAN TAPUNG KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
2010_201013PAI.pdf Download (431kB) | Preview |
Abstract
Guru merupakan unsur yang sangat penting dalam proses pembelajaran, oleh karena itu guru harus mampu menciptakan iklim belajar yang kondusif, diantaranya dengan penggunaan metode yang tepat guna dalam proses pembelajaran, salah satunya dengan metode demonstrasi yang akan mampu mendorong siswa lebih aktif belajar dan mampu meningkatkan hasil belajarnya. Bila ditelusuri secara mendalam, proses belajar mengajar merupakan inti dari proses pendidikan formal di sekolah yang di dalamnya terjadi interaksi antara berbagai komponen pengajaran. Komponen-komponen itu dapat dikelompokkan ke dalam 3 kategori utama yaitu guru, isi (materi pelajaran), dan murid. Adapun tujuan penelitian yang penulis lakukan adalah untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan metode demonstrasi dalam pembelajaran Shalat Janazah di MTs. Himatul Ummah desa Sumber Makmur Kecamatan Tapung Kabupaten Kampar, dan faktor-faktor yang mempengaruhi pelaksanaannya Sedangkan Subjek dalam penelitian ini adalah satu orang guru fiqih, siswa dan siswi kelas VII di MTs Himmatul Ummah desa Sumber Makmur Kecamatan Tapung Kabupaten Kampar, dengan populasi satu orang guru Fiqih jadi penulis menggunakan total populasi pada siswa dan siswi yang berjumlah 95. Sedangkan objek dalam penelitian ini adalah pelaksanaan metode demonstrasi dalam pembelajaran shalat jenazah, dan teknik pengumpulan data yaitu dengan observasi, angket, wawancara dan dokumentasi, kemudian data yang terkumpul akan dianalisa dengan teknik desktiftif kuantitatif dengan persentase. Setelah penulis melakukan penelitian, penulis mendapaktan kesimpulan bahwa pelaksanaan metode demosnstrasi dalam pembelajaran Shalat Jenazah di MTs. Himmatul Ummah desa Sumber Makmur Kecamatan Tapung Kabupaten Kampar ini adalah Kurang Baik dengan angka persentase 41,18 % dan di dukung oleh data Wawancara, Angket serta Dokumentasi, dan adapun faktor-faktor yang mempengaruhi pelaksanaan metode demonstrasi dalam pembelajaran shalat jenazah adalah media, Waktu yang dibutuhkan, serta guru agama sendiri.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.236 Sekolah Menengah Pertama, SMP |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | eva sartika |
Date Deposited: | 30 Aug 2017 07:37 |
Last Modified: | 30 Aug 2017 07:37 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/10914 |
Actions (login required)
View Item |