MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA DALAM MENGHAFAL SURAT-SURAT PENDEK MELALUI STRATEGI CARD SORT PADA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR MUHAMMADIYAH 038 AIRTIRIS

Yulia Yeni, (2010) MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA DALAM MENGHAFAL SURAT-SURAT PENDEK MELALUI STRATEGI CARD SORT PADA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR MUHAMMADIYAH 038 AIRTIRIS. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2010_201011PAI.pdf

Download (723kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan siswa dalam menghafal surat-surat pendek, khususnya pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Perumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah melalui penerapan strategi card sort dapat meningkatkan kemampuan menghafal surat-surat pendek siswa kelas V Sekolah Dasar Muhammadiyah 038 Airtiris. Sebagai subjek dalam penelitian ini adalah siswa Kelas V tahun pelajaran 2008-2009 dengan jumlah siswa sebanyak 20 orang. Sedangkan objek dalam penelitian ini adalah meningkatkan kemampuan siswa dalam menghafal surat-surat pendek melalui strategi Card Sort. Adapun tempat penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di Kelas V Sekolah Dasar Muhammadiyah 038 Airtiris. Adapun waktu penelitian ini dilaksanakan bulan Agustus sampai dengan Oktober 2009. Mata pelajaran yang diteliti adalah pelajaran Pendidikan Agama Islam. Agar penelitian tindakan kelas ini berhasil dengan baik tanpa hambatan yang mengganggu kelancaran penelitian, peneliti menyusun tahapan-tahapan yang dilalui dalam penelitian tindakan kelas, yaitu: 1) Perencanaan/persiapan tindakan, 2) Pelaksanaan tindakan, 3) Observasi, dan 4) Refleksi. Berhasilnya penerapan strategi Card Sort pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam, diketahui dari adanya peningkatan kemampuan siswa dalam menghafal surat-surat pendek dari siklus I, siklus II ke siklus III. Pada siklus I kemampuan siswa dalam menghafal surat –surat pendek hanya mencapai persentase 45% dengan kategeroi “Kurang Baik” karena berada pada rentang 40-55%. Pada siklus II kemampuan siswa dalam menghafal surat-surat pendek meningkat dengan persentase 65% dengan kategori “Cukup” karena berada pada rentang 56-75%. Setelah diadakan perbaikan proses pembelajaran pada siklus III kemampuan siswa dalam menghafal surat-surat pendek mengalami peningkatan dengan sangat memuaskan dengan persentase 81% dengan kategori “Baik” karena berada pada rentang 76-100%. Keadaan ini menunjukkan bahwa perbaikan pembelajaran pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam melalui strategi Card Sort dapat dikatakan berhasi

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: eva sartika
Date Deposited: 30 Aug 2017 07:20
Last Modified: 30 Aug 2017 07:20
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/10912

Actions (login required)

View Item View Item