STUDI TENTANG TIPE BELAJAR DAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SISWA KELAS VIII. 1 DI SMP NEGERI 21 KOTA PEKANBARU

Suraida, (2010) STUDI TENTANG TIPE BELAJAR DAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SISWA KELAS VIII. 1 DI SMP NEGERI 21 KOTA PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img] Text
2010_201021PAI.pdf

Download (259kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan: 1) Untuk mengetahui tipe belajar siswa di SMP Negeri 21 Kota Pekanbaru. 2) Untuk mengetahui hasil belajar Pendidikan Agama Islam siswa SMP Negeri 21 Kota Pekanbaru. 3) Untuk mengetahui tipe belajar dan hasil belajar Pendidikan Agama Islam siswa SMP Negeri 21 Kota Pekanbaru. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa Kelas VIII. 1 di SMP Negeri 021 Kota Pekanbaru yang berjumlah 39 orang. Sedangkan teknik sampling yang dipergunakan adalah sampling jenuh, dimana semua populasi atau seluruh siswa kelas VIII. 1 untuk dijadikan sampel penelitian. Hal ini dilakukan untuk memperoleh gambaran secara menyeluruh tentang tipe belajar siswa dan hasil belajar siswa dan dijadikan pedoman dalam membuat perbandingan hasil belajar tiap siswa. Dengan demikian jumlah sampel dalam penelitian ini berjumlah 39 orang. Berdasarkan hasil penelitian diketahui, 1) Tipe belajar siswa di SMP Negeri 21 Kota Pekanbaru yaitu; visual, auditif dan kinestetik, dan campuran. Dari dari 39 siswa kelas VIII.1. yang tergolong memiliki tipe belajar visual yakni sebanyak 3 orang siswa atau 7,69%. Siswa yang memiliki tipe belajar auditif sebanyak 3 orang siswa atau 7,69%. Siswa yang memiliki tipe belajar kinestetik sebanyak 3 orang siswa atau 7,69%. Sedangkan untuk tipe belajar campuan sebanyak 30 orang atau sebesar 76,92%. 2) Hasil belajar Pendidikan Agama Islam siswa SMP Negeri 21 Kota Pekanbaru, yang memperoleh hasil belajar dengan kategori amat baik yakni sebanyak 22 orang siswa atau 56,41%. Siswa yang memperoleh hasil belajar dengan kategori baik sebanyak 13 orang siswa atau 33,33%. Siswa yang memperoleh hasil belajar dengan kategori cukup baik sebanyak 4 orang siswa atau 10,26%. Sedangkan untuk kategori nilai kurang baik dan gagal tidak ada siswa yang memperoleh nilai tersebut. 3) Dilihat dari rata-rata hasil belajar siswa diketahui bahwa tipe belajar siswa visual memperoleh rata-rata hasil belajar lebih tinggi dibandingkan dengan tipe belajar auditif dan kinestetik maupun campuran yaitu sebesar 84. Kemudian tipe belajar kinestetik dengan rata-rata 81,7 diikuti tipe belajar campuran dengan rata-rata hasil belajar sebesar 79,7. Sedangkan tipe belajar auditif memperoleh hasil belajar terendah yaitu sebesar 77.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.236 Sekolah Menengah Pertama, SMP
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: eva sartika
Date Deposited: 30 Aug 2017 07:08
Last Modified: 30 Aug 2017 07:13
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/10911

Actions (login required)

View Item View Item