Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MODEL COOPERATIVE LEARNING PADA MATA PELAJARAM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 21 PEKANBARU

Aspayoni (2010) PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MODEL COOPERATIVE LEARNING PADA MATA PELAJARAM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 21 PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2010_201009PAI.pdf

Download (379kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan pembelajaran model pada cooperative learning (belajar kelompok) dan apa saja faktor pendukung dan penghambatnya pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Pertama Negeri 21 Pekanbaru. Adapun gejala yang ditemui yaitu: a)Masih ada guru yang kurang bersemangat dalam menggunakan model cooperative learning ( belajar kelompok) ini. b)Masih ada guru yang tidak melaksanakan kegiatan belajar secara cooperative learning ini dengan baik. C) Masih ada siswa yang tidak serius dalam belajar secara cooperative learning( belajar kelompok) sewaktu proses belajar mengajar berlangsung pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Penelitian ini berbentuk penelitian deskripfit kualitatif yang menggunakan 3 orang guru Pendidikan Agama Islam sebagai sampel dan cara pengumpulan datanya dengan tiga cara yakni, observasi, wawancara dan dokumentasi. Setelah semua data terkumpul dianalisa dengan menggunakan rumus P = NF × 100% dimana P = Angka Persentase, F = Frekuensi jawaban responden dan N = Jumlah total. Setelah semua data dianalisa dan dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan pembelajaran yang beorientasi cooperative learning di Sekolah Menengah Pertama Negeri 21 Pekanbaru adalah baik, sedangkan faktor pendukungnya yakni: a).Seluruhnya guru mengetahui cara pelaksanaan pembelajaran berorintasi cooperative learning ini, sehingga memudahkan mereka dalam pengajaran, b).Rata-rata guru pernah mengikuti penataran tentang pelaksanaan cooperative learning ini. C).Para guru selalu membuat Rencana Program Pembelajaran. d)Ketersediaan baban diskusi dan kemampuan siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.236 Sekolah Menengah Pertama, SMP
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: eva sartika
Date Deposited: 29 Aug 2017 05:13
Last Modified: 29 Aug 2017 05:13
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/10904

Actions (login required)

View Item View Item