BIMBINGAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM TERHADAP PENDIDIKAN AGAMA ANAKNYA DALAM KELUARGA DI KECAMATAN GAUNG KABUPATEN INDRAGIRI HILIR

Irjus Indrawan, (2010) BIMBINGAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM TERHADAP PENDIDIKAN AGAMA ANAKNYA DALAM KELUARGA DI KECAMATAN GAUNG KABUPATEN INDRAGIRI HILIR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2010_201008PAI.pdf

Download (326kB) | Preview

Abstract

Bimbingan guru pendidikan agama Islam adalah bantuan atau tuntunan kepada individu yang dibimbing supaya dengan potensi yang dimiliki mampu mengembangkan diri secara optimal guna menentukan masa depan yang lebih baik. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagai mana usaha guru pendidikan agama Islam dalam memberikan bimbingan pendidikan agama Islam anaknya dan faktor-faktor apa saja yang mempengaruhinya. Sedangkan tehnik pengumpulan data yaitu dengan menggunakan observasi, angket dan wawancara. Tehknik analisis datanya dengan menggunakan tehknik deskriptif kualitatif dengan prosentase. Kategori yang penulis gunakan dalam penelitian ini adalah: 76%-100% adalah baik, 56%-75% cukup baik, 0%-55% adalah kurang baik. Berdasarkan hasil analisa data dapat disimpulkan bahwa bimbingan guru pendidikan agama Islam terhadap pendidikan agama anaknya dalam keluarga di Kecamatan Gaung Kabupaten Indragiri Hilir dapat dikatakan cukup baik. Hal ini dapat dilihat dari hasil analisa yaitu 74,7% berada dalam kategori 56%-75%. Adapun faktor-faktor yang mempengaruhi dari bimbingan tersebut adalah: 1. Kurangnya waktu luang untuk berkumpul bersama keluarga. 2. Hubungan komunikasi dalam keluarga. 3. Tingkat kesadaran guru Pendidikan Agama Islam untuk mendidik anaknya secara langsung dalam keluarga. 4. Tingkat pendidikan dan pengetahuan guru Pendidikan Agama Islam dalam mendidik anak dalam keluarga.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: eva sartika
Date Deposited: 29 Aug 2017 05:09
Last Modified: 29 Aug 2017 05:09
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/10903

Actions (login required)

View Item View Item