MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS V MIS NURUL HUDA PARIT 5 SUNGAI LUAR KECAMATAN BATANG TUAKA KABUPATEN INDRAGIRI HILIR MELALUI MODEL PEMBELAJARAN NUMBER HEADS TOGETHER

Mahyuddin, (2013) MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS V MIS NURUL HUDA PARIT 5 SUNGAI LUAR KECAMATAN BATANG TUAKA KABUPATEN INDRAGIRI HILIR MELALUI MODEL PEMBELAJARAN NUMBER HEADS TOGETHER. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2013_2013168PGMI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan Model Pembelajaran Number Heads Together dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas V pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Madrasah Ibtidaiyah Swasta Nurul Huda Parit 5 Sungai Luar Kecamatan Batang Tuaka Kabupaten Indragiri Hilir. Variabel penelitian ini terdiri dari dua variabel yaitu hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam siswa variabel X, dan penggunaan Model Pembelajaran Number Heads Together variabel Y yang merupakan objek penelitian. Penelitian telah dilaksanakan pada bulan Juli - Agustus 2012. Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Berdasarkan hasil pengolahan data diketahui bahwa ada peningkatan hasil belajar siswa dari sebelum tindakan, siklus I dan siklus II. Adapun peningkatan hasil belajar siswa secara keseluruhan dari sebelum tindakan, siklus I dan siklus II adalah sebelum tindakan rata-rata hasil belajar siswa 59.1% dengan klasifikasi kurang, pada siklus I hasil belajar siswa tetap 66.9% dengan klasifikasi baik/minimal, Hasil belajar siswa mengalami peningkatan menjadi 88.3% dengan klasifikasi baik sekali/optimal pada siklus II. Keadaan ini menunjukkan bahwa perbaikan dalam proses pembelajaran melalui penerapan Model Pembelajaran Number Heads Together pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam pada siswa kelas V Madrasah Ibtidaiyah Swasta Nurul Huda Parit 5 Sungai Luar Kecamatan Batang Tuaka Kabupaten Indragiri Hilir dapat dikatakan berhasil sepenuhnya. Kelemahan-kelemahan melalui penerapan Model Pembelajaran Number Heads Together pada silkus I tersebut setelah diperbaiki pada siklus II telah mencapai tingkat baik sekali/optimal. Melalui perbaikan proses pembelajaran pada siklus II tersebut, hasil belajar siswa mencapai kriteria baik sekali/optimal, dengan rata-rata hasil belajar siswa sebesar 88.3%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ari Eka Wahyudi
Date Deposited: 23 Dec 2015 02:06
Last Modified: 23 Dec 2015 02:06
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/109

Actions (login required)

View Item View Item