OPTIMASI POLA PENYUSUNAN BARANG DALAM GUDANG MENGGUNAKAN ALGORITMA GENETIKA (STUDI KASUS BARANG: PT PEKANBARU DISTRIBUSINDO RAYA (PDR))

Dewi Rosmita, (2010) OPTIMASI POLA PENYUSUNAN BARANG DALAM GUDANG MENGGUNAKAN ALGORITMA GENETIKA (STUDI KASUS BARANG: PT PEKANBARU DISTRIBUSINDO RAYA (PDR)). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2010_2010121TIF.pdf

Download (626kB) | Preview

Abstract

Perusahaan-perusahaan besar seperti PT Pekanbaru Distribusindo Raya (PDR) yang masih menggunakan kerja sistem secara manual khususnya untuk penentuan posisi atau letak dari suatu barang dalam gudang. Umumnya penentuan posisi barang masih ditangani oleh suatu departemen khusus yang mana akhirnya akan mengeluarkan biaya yang tidak sedikit untuk membayar tenaga ahli yang bergerak dalam bidang tersebut. Penulis mengangkat studi kasus tersebut, yakni dengan cara membuat suatu sistem untuk mencari posisi optimal dari suatu barang dalam gudang sehingga akan menguntungkan bagi setiap perusahaan yang akan menggunakannya. Dalam hal ini pencarian posisi optimal menggunakan metode yakni metode Algoritma genetika. Metode Algoritma Genetika sebagai metode pencarian solusi yang berpatokan pada seleksi alam untuk mendapatkan sebuah individu dengan susunan gen-gen terbaik, mampu memberikan solusi bagaimana pola susunan barang dioptimalkan melalui proses iterasi sampai beberapa generasi dengan operatornya yaitu reproduksi, pindah silang, dan mutasi. Dengan memasukkan inputan berupa spesifikasi ruang dan barang serta probabilitas ketiga operator Algoritma Genetika, proses optimasi akan menemukan pola susunan barang berdasarkan fitness atau nilai terbaik. Hasil yang didapat yakni semakin sedikit ruang kosong yang tersisa maka semakin bagus penyusunan barang dalam gudang. Kata kunci : Algoritma Genetika, Optimasi, Penyusunan Barang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum > 004 Pemrosesan Data, Ilmu Komputer, Teknik Informatika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Teknik Informatika
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 28 Aug 2017 08:27
Last Modified: 28 Aug 2017 08:27
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/10897

Actions (login required)

View Item View Item