KOSTUMISASI UBUNTU 9.10 UNTUK KEGIATAN PEMBELAJARAN DI BIDANG JARINGAN KOMPUTER (Studi kasus: TEKNIK INFORMATIKA FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU)

Yudhi Arta, (2010) KOSTUMISASI UBUNTU 9.10 UNTUK KEGIATAN PEMBELAJARAN DI BIDANG JARINGAN KOMPUTER (Studi kasus: TEKNIK INFORMATIKA FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2010_2010108TIF.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

UIN SUSKA RIAU adalah sebuah universitas terkemuka dan terbesar yang terdapat di Riau. UIN SUSKA RIAU juga ikut berperan dalam meningkatkan kualitas pendidikan di Riau. Di UIN SUSKA RIAU khususnya Teknik Informatika, Untuk mendukung tanggung jawab itu, kini telah dibangun laboratorium Jaringan Komputer. Permasalahan muncul ketika disaat ini kebutuhan akan Sistem Operasi tidak lagi tergantung pada satu rujukan system operasi saja. Untuk menyatukan perbedaaan tersebut maka akan dibangun sebuah system operasi yang akan dijadikan pegangan tetap oleh para mahasiswa untuk praktikun jaringan computer. Untuk membantu kegiatan pembelajaran tersebut, maka dibangun sebuah Sistem Operasi yang bersifat Open Source agar tidak tergantung lagi pada software yang berbayar. Remastering adalah sebuah metode yang digunakan untuk membangun sebuah sistem operasi berbasis open source. Dan pada Tugas Akhir ini dilakukan analisa terhadap kebutuhan didalam kegiatan pembelajaran dibidang yang berhubungan dengan Jaringan Komputer dan Keamanan Computer dengan tujuan untuk merancang apa-apa saja yang dibutuhkan didalam distro remaster yang dikhusukan untuk perkuliahan ini nantinya. Hasil dari penelitian ini adalah sebuah Sistem Operasi yang berbasis Open Source yang akan digunakan untuk kegiatan pembelajaran dibidang networking nantinya. Dengan adanya distro hasil remastering ini, sedapat mungkin dapat memenuhi kebutuhan akan sistem pembelajaran yang lebih terbuka guna memajukan mahasiswa nantinya di dunia kerja atau pun dalam rangka mendukung “ GO OPEN SOURCE”. Kata kunci : Jaringan Computer, Open Source, Remaster, Sistem Operasi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum > 004 Pemrosesan Data, Ilmu Komputer, Teknik Informatika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Teknik Informatika
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 28 Aug 2017 08:21
Last Modified: 28 Aug 2017 08:21
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/10892

Actions (login required)

View Item View Item