Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

RANCANG BANGUN APLIKASI PENJUALAN BUKU BERBASIS WEB YANG MENERAPKAN REKOMENDASI HASIL PENCARIAN MENGGUNAKAN DATA MINING KLASIFIKASI

Iman Priyadi (2010) RANCANG BANGUN APLIKASI PENJUALAN BUKU BERBASIS WEB YANG MENERAPKAN REKOMENDASI HASIL PENCARIAN MENGGUNAKAN DATA MINING KLASIFIKASI. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2010_2010106TIF.pdf

Download (939kB) | Preview

Abstract

Persaingan penjualan online terus terjadi, data transaksi perusahaan dari waktu kewaktu semakin bertambah besar dan terjadi perkembangan pemikiran dan teknologi. Hal ini mendorong perusahaan untuk berusaha memanfaatkan data-data transaksi tersebut menjadi lebih berarti. Pemanfaatan dari data ini salah satunya diterapkan untuk membuat sebuah aplikasi penjualan online yang didalamnya dilengkapi dengan fasilitas pencarian product. Pencarian yang ada pada umumnya hanya mengaitkan product yang dicari dengan data tentang product yang ditawarkan pada sistem penjualan. Oleh karena itu fasilitas pencarian yang dibuat akan terlebih dahulu mengaitkan product yang dicari dengan data product yang ditawarkan dan ditambah dengan proses data mining untuk data penjualan yang ada yaitu berupa data penjualan (selling), data review product, data star product, dan data pencarian (search product) oleh pengunjung. Sehingga hasil yang direkomendasikan oleh fasilitas pencarian ini diharapkan akan meningkatkan ketertarikan pengunjung dan akhirnya pengunjung akan memutuskan untuk membeli product yang ditawarkan oleh aplikasi penjualan online ini. Adapun metode yang digunakan dalam mengimplementasikan fasilitas pencarian pada aplikasi penjualan online ini adalah klasifikasi. Sedangkan kriteria yang digunakan dalam mengimplementasikan fasilitas pencarian ini meliputi relevance, selling, review, star product, search, last selling, last review dan last search. Aplikasi penjualan online ini diimplementasikan menggunakan bahasa pemrograman PHP dan database MySQL. Aplikasi penjualan online ini dalam melakukan pencarian product telah berhasil memberikan rekomendasi product dengan nilai kriteria lebih tinggi yang akan diprioritaskan, hal itu terlihat dari hasil pengujian aplikasi penjualan online dan hasil questioner yang telah dilakukan. Kata Kunci : Relevance, Review, Search, Selling, Star Product.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum > 004 Pemrosesan Data, Ilmu Komputer, Teknik Informatika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Teknik Informatika
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 28 Aug 2017 08:17
Last Modified: 28 Aug 2017 08:17
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/10890

Actions (login required)

View Item View Item