SISTEM PENENTUAN MAHASISWA LULUSAN TERBAIK MENGGUNAKAN LOGIKA FUZZY DAN QUERY FUZZY DATABASE MODEL TAHANI ( Studi Kasus : Fakultas Sains dan Teknologi )

Desi Hipdayati, (2010) SISTEM PENENTUAN MAHASISWA LULUSAN TERBAIK MENGGUNAKAN LOGIKA FUZZY DAN QUERY FUZZY DATABASE MODEL TAHANI ( Studi Kasus : Fakultas Sains dan Teknologi ). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2010_201096TIF.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Lulusan sebagai output akhir dari sebuah perguruan tinggi secara umum diberi predikat kelulusan. Selain berdasarkan IPK (indeks prestasi kumulatif) penambahan beberapa variabel dan indikator penilaian berupa variabel lama studi, nilai tugas akhir, lama pengerjaan tugas akhir, nilai bahasa inggris, ada tidaknya perbaikan mata kuliah, keikutsertaan organisasi dan lain sebagainya diharapkan mampu dan memberikan gambaran yang lebih jelas terhadap kriteria lulusan terbaik terutama pada data lulusan terbaik yang bersifat ambigu. Pada tugas akhir ini logika fuzzy dan query fuzzy database model Tahani adalah metode yang diimplementasikan untuk aplikasi penentuan kriteria lulusan terbaik, lulusan terbaik yang direkomendasikan adalah yang memiliki nilai firestrength terbesar dengan menggunakan operator AND dan OR. Aplikasi ini dibangun dengan menggunakan bahasa pemrograman Microsoft Visual Basic 6.0 dan database Microsoft Office Access 2003. Dari hasil pengujian dapat ditarik kesimpulan bahwa metode logika fuzzy dan query fuzzy database model Tahani sebagai metode untuk penentuan kriteria dapat memberikan hasil yang sangat tepat berupa penentuan lulusan terbaik berdasarkan predikat kelulusan pada daftar yudisium di Fakultas Sains dan Teknologi UIN SUSKA RIAU, namun sistem ini belum memiliki menu dinamis yang dapat menambah atau mengurangi fungsi variabel dan kriteria. Kata Kunci : Firestrength, logika fuzzy, query fuzzy database model tahani.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum > 004 Pemrosesan Data, Ilmu Komputer, Teknik Informatika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Teknik Informatika
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 28 Aug 2017 08:17
Last Modified: 28 Aug 2017 08:17
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/10889

Actions (login required)

View Item View Item