Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH PARTISIPASI ANGGARAN TERHADAP TIMBULNYA SENJANGAN ANGGARAN DENGAN KOMITMEN ORGANISASI DAN INFORMASI ASIMETRI SEBAGAI VARIABEL MODERATING (studi empiris pada dinas pemerintah tingkat ii kota pekanbaru )

Nurma Deswati (2010) PENGARUH PARTISIPASI ANGGARAN TERHADAP TIMBULNYA SENJANGAN ANGGARAN DENGAN KOMITMEN ORGANISASI DAN INFORMASI ASIMETRI SEBAGAI VARIABEL MODERATING (studi empiris pada dinas pemerintah tingkat ii kota pekanbaru ). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2010_2010255AKN.pdf

Download (462kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan Pada Dinas Pemerintah Tingkat II Kota Pekanbaru. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh antara partisipasi anggaran dengan Senjangan Anggaran, interaksi antara partisipasi anggaran dengan komitmen organisasi dalam mempengaruhi senjangan anggaran, interasi antara partisipasi anggaran dengan informasi asimentri dalam mempengaruhi senjangan anggaran. Pengukuran hipotesis di atas tersebut menggunakan instrumen kuesioner. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah Regresi Linier Berganda dengan menggunakan program SPSS versi 11,0. Uji t digunakan untuk mengetahui pengaruh masing-masing hipotesis tersebut di atas, yaitu variabel (X) partisipasi anggaran, informasi asimetri berpengaruh terhadap variabel (Y) Senjangan anggaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, instrumen yang digunakan dalam penelitian ini handal dan valid melalui pengujian validitas dan reliabilitas dengan menggunakan Person Correlation dan Cronbach Alpha. distribusi ratarata jawaban responden adalah normal dilihat dari penyebaran data (titik) pada sumbu diagonal dari grafik P-P Plot of Regression Standardized Residual. Ketiga, seluruh pengujian hipotesis pada penelitian ini antara variabel indevenden (X) dengan variabel dependen (Y), ini dilihat dari hasil pengujian data melalui SPSS for windows versi 11.0 dengan menggunakan uji regresi linear berganda dapat disimpulkan bahwa Hasil analisis regresi pada hipotesis pertama, Partisipasi penyusunan anggaran mempunyai hubungan yang signifikan dengan Senjangan Anggaran dimana nilai t hitung > t (3.989 > 2,002), sedangkan hipotesis kedua, Komitmen Organisasi mempunyai hubungan yang signifikan antara partisipasi anggaran dengan senjangan anggaran atau (budgetary slack) dimana nilai t hitung > t tabel tabel (2.516> 2,002), hipotesis ketiga Informasi Asimentri mempunyai hubungan signifikan terhadap hubungan antara Partisipasi penyusunan Anggaran dengan Senjangan Anggaran pada Pemerintah Tingkat II Kota Pekanbaru. Dimana nilai t hitung > t tabel (3.318> 2,002) maka Ho di tolak, dan Ha di terima.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 650 Bisnis > 657 Akuntansi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Akuntansi
Depositing User: Feni Marti Adhenova
Date Deposited: 28 Aug 2017 07:49
Last Modified: 28 Aug 2017 07:49
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/10884

Actions (login required)

View Item View Item