SISTEM PENJADWALAN DOKTER JAGA MENGGUNAKAN ALGORITMA GREEDY DENGAN PERMUTASI (STUDI KASUS : RSUD ARIFIN ACHMAD PEKANBARU)

Popi Selpira, (2010) SISTEM PENJADWALAN DOKTER JAGA MENGGUNAKAN ALGORITMA GREEDY DENGAN PERMUTASI (STUDI KASUS : RSUD ARIFIN ACHMAD PEKANBARU). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2010_201092TIF.pdf

Download (848kB) | Preview

Abstract

Penjadwalan dokter jaga merupakan salah satu persoalan yang dihadapi oleh pihak RSUD Arifin Achmad Pekanbaru. Permasalahan yang dihadapi adalah ketika melakukan penjadwalan, terlebih dahulu harus diperiksa satu per satu shift yang masih kosong dan disesuaikan dengan jadwal dokter yang bersangkutan. Jika terdapat request shift jaga, maka pihak yang menyusun jadwal harus memeriksa kembali apakah shift tersebut telah diisi atau belum oleh dokter lain. Hal ini membutuhkan waktu yang relatif lebih lama terutama bila jadwal yang disusun cukup banyak. Pada tugas akhir ini dirancang bangun sebuah sistem penjadwalan dokter jaga menggunakan algoritma greedy dengan permutasi. Greedy merupakan algoritma yang praktis, ringkas dan fleksible, sehingga sesuai untuk diimplementasikan pada berbagai kasus persoalan termasuk dalam penjadwalan dokter jaga. Permutasi digunakan agar dapat mengarahkan algoritma greedy yang dibuat. Sistem ini dirancang menggunakan Microsoft Visual Basic 6.0 dan Microsoft Access 2003. Sistem penjadwalan dokter jaga dibagi atas tiga tahapan, yaitu; penentuan constraints, penghitungan shift dan penugasan dokter. Sistem ini menghasilkan jadwal jaga yang sesuai dengan prosedur jadwal jaga yang terdapat di RSUD Arifin Achmad Pekanbaru, dimana hasilnya adalah berupa laporan jadwal jaga yang berbentuk softfile dalam format Ms Word, Ms Excel dan Acrobat Format (PDF). Kata Kunci : Algoritma Greedy, Penjadwalan Dokter Jaga, Permutasi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum > 004 Pemrosesan Data, Ilmu Komputer, Teknik Informatika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Teknik Informatika
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 28 Aug 2017 07:36
Last Modified: 28 Aug 2017 07:36
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/10879

Actions (login required)

View Item View Item