Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PENENTUAN PENERIMA BANTUAN LANGSUNG TUNAI (BLT) DENGAN MENGGUNAKAN METODE Fuzzy Multi Criteria Decision Making (FMCDM)

Rizkhaini (2010) SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PENENTUAN PENERIMA BANTUAN LANGSUNG TUNAI (BLT) DENGAN MENGGUNAKAN METODE Fuzzy Multi Criteria Decision Making (FMCDM). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2010_201072TIF.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Kemiskinan merupakan masalah utama yang dihadapi oleh setiap negara khususnya Indonesia, maka dari pada itu untuk mengurangi kemiskinan pemerintah membuat program bantuan langsung tunai (BLT). Sebab permasalahannya banyak ditemukan dilapangan, bahwa warga yang tidak berhak menerima bantuan langsung tunai menerima bantuan sedang warga yang dikategorikan miskin tidak menerima sama sekali. Pada tugas akhir ini ,untuk menangani pertimbangan yang memiliki nilai tidak pasti tersebut, Fuzzy Multi Criteria Desecion Making (FMCDM) memiliki kinerja yang sangat baik dalam menangani permasalahan yang mengandung ketidaktepatan atau ketidakkosistenan. Pada penelitian untuk skripsi ini sistem memiliki 7 alternatif warga dengan 9 indikator pertimbangan pengambilan keputusan, yang terdiri dari : Lantai bangunan tempat tinggal kurang dari 8 meter persegi untuk masing-masing anggota keluarga, Jenis dinding bangunan tempat tinggal, Sumber penerangan listrik berdasarkan daya (watt), Sumber air untuk minum, Jenis dinding bangunan tempat tinggal, Persentasi dalam mengkonsumsi daging/ susu, Persentasi dalam membeli pakain baru satu stel, Persentasi makan dalam sehari, Tidak memiliki simpanan tabungan maksimal Rp.500.000,. Perangkat lunak yang digunakan dalam pembuatan aplikasi menggunakan Microsoft Visual basic 6.0 dan database menggunakan Microsoft Accses. Tugas akhir ini, diaplikasikan sebuah program untuk membantu merekomendasikan masyarakat yang berhak menerima Bantuan Langsung Tunai menggunakan metode Fuzzy Multi Criteria Desecion Making (FMCDM). Untuk menjaga agar tidak terjadinya salah sasaran dalam penyaluran dana bantuan langsung tunai. Kata Kunci: Fuzzy, Fuzzy Multiple Criteria Decison Making, Bantuan Langsung Tunai.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum > 004 Pemrosesan Data, Ilmu Komputer, Teknik Informatika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Teknik Informatika
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 28 Aug 2017 07:06
Last Modified: 28 Aug 2017 07:06
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/10871

Actions (login required)

View Item View Item