PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA KELAS III PONDOK PESANTREN DAARUN NAHDHAH THAWALIB BANGKINANG KABUPATEN KAMPAR

Kartina, (2011) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA KELAS III PONDOK PESANTREN DAARUN NAHDHAH THAWALIB BANGKINANG KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2011_2011480.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan yang signifikan antara pemahaman konsep matematika siswa yang menggunakan model pembelajaran kontekstual dan siswa yang tidak menggunakan model pembelajaran kontekstual Kelas III Pondok Pesantren Daarun Nahdhah Thawalib Bangkinang Kabupaten Kampar Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen, yangmana subyek dalam penelitian ini adalah siswa dan siswi Pondok Pesantren Daarun Nahdhah Thawalib Bangkinang Kabupaten Kampar. Sedangkan objek penelitian adalah pemahaman konsep matematika siswa dengan menggunakan Model Pembelajaran Kontekstual. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas III Pondok Pesantren Daarun Nahdhah Thawalib Bangkinang Kabupaten Kampar yang berjumlah 210 orang dan diambil sampel 60 siswa. Penelitian ini dua variabel yaitu variabel x (Model Pembelajarn Kontekstual) dan variabel y (Pemahaman Konsep Matematika Siswa). Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah menganalisa data dengan Tes “t” untuk sampel besar (N30) yang tidak berkorelasi. Setelah penulis melaksanakan penelitian di lapangan untuk menjawab permasalahan tersebut, ternyata terdapat pengaruh model pembelajaran Kontekstual terhadap pemahaman konsep matematika siswa kelas III Pondok Pesantren Daarun Nahdhah Tawalib Bangkinang kabupaten Kampar. Dari hasil analisis penelitian dapat diambil kesimpulan bahwah pemahaman konsep matematika siswa dengan menerapkan model pembelajaran kontekstual lebih baik dari pada pembelajaran konvensional. Ini terlihat Mean ketuntasan hasil belajar model kontekstual sebesar 80.65 lebih baik dari hasil belajar konvensional sebesar 67.2. Dan juga berdasarkan perbandingan t t dengan 0 t = 3.152329 berarti besar 0 t baik pada taraf signifikan 5% maupun taraf signifikan 1% ( 2.00 < 3.152329 > 2.65).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.236 Sekolah Menengah Pertama, SMP
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 15 Jan 2016 08:24
Last Modified: 15 Jan 2016 08:24
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/1087

Actions (login required)

View Item View Item