Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

APLIKASI PENILAIAN DAN PENGAMBILAN KEPUTUSAN UNTUK KELAYAKAN INVESTASI PADA BARANG MODAL DENGAN PERHITUNGAN NPV, IRR DAN METODE THE SATISFICING MODELS BERBASIS WEBSITE MENGGUNAKAN PHP

Haryono (2010) APLIKASI PENILAIAN DAN PENGAMBILAN KEPUTUSAN UNTUK KELAYAKAN INVESTASI PADA BARANG MODAL DENGAN PERHITUNGAN NPV, IRR DAN METODE THE SATISFICING MODELS BERBASIS WEBSITE MENGGUNAKAN PHP. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2010_201056TIF.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Pada dasarnya suatu usaha yang dilakukan oleh para pengusaha adalah untuk mencari keuntungan yang sebesar-besarnya dari modal yang sekecil kecilnya dengan melakukan perhitungan nilai finansial kelayakan investasi secara manual. Tetapi akan terjadi kendala bagi pengusaha dalam perhitungan kelayakan investasi dalam skala yang besar, sehingga membutuhkan suatu aplikasi sebagai alat bantu. Ada beberapa metode yang dapat digunakan untuk membantu dalam pengambilan keputusan kelayakan investasi, diantaranya adalah NPV (Net Present Value), IRR (Internal Rate of Return) dan The Satisficing Models. Metode NPV pada umumnya merupakan perhitungan yang menghasilkan nilai uang yang akan datang ditaraik dengan nilai uang pada saat sekarang dan investasi itu dikatakan layak apabila NPV>0. Metode IRR berupa persentasi discount faktor pada saat NPV=0 dan akan menguntungkan jika IRR lebih besar dari cost of capital. Metode The Satisficing Models merupakan metode untuk mempertimbangkan antara perhitungan finansial dengan perhitungan kriteria investasi. Pada tugas akhir ini, telah dirancang dan dibangun suatu aplikasi yang dapat membantu dalam pengambilan keputusan kelayakan investasi yang mengadopsi ketiga metode tersebut untuk investasi barang modal dengan jumlah investasi tidak terbatas. Kelebihan aplikasi ini adalah investasi yang dibandingkan tidak terbatas sedangkan kekuranganya adalah aplikasi ini hanya mencakup investasi pada barang modal. Hasil dari gabungan ketiga metode tersebut berupa solusi solusi beberapa alternatif kelayakan investasi yang terbaik. Kata kunci : Internal Rate of Return, Kelayakan Investasi, Net Present Value, The Satisficing Models.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum > 004 Pemrosesan Data, Ilmu Komputer, Teknik Informatika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Teknik Informatika
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 28 Aug 2017 07:03
Last Modified: 28 Aug 2017 07:03
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/10868

Actions (login required)

View Item View Item