Zulfadli Indra (2010) ANIMASI PEMBELAJARAN ALGORITMA AUTOMATIC REPEAT REQUEST (ARQ) PADA PENGONTROLAN KESALAHAN PENGIRIMAN DATA. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
2010_201040TIF.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Dalam pengiriman paket data melalui suatu medium tertentu, akan selalu terjadi adanya perbedaan antara sinyal yang dikirim dengan sinyal yang diterima. Perbedaan tersebut dapat mengakibatkan adanya kesalahan pada paket data yang dikirim sehingga data tersebut tidak dapat dibaca dengan baik oleh penerima. Untuk menghindari terjadinya kesalahan pada paket data yang dikirim maka diperlukan adanya pengontrolan kesalahan ( error control). Teknik yang umum digunakan untuk mengontrol kesalahan adalah pendeteksian kesalahan, balasan positif, transmisi ulang setelah waktunya habis, balasan negatif dan retransmisi. Mekanisme dari pengontrolan kesalahan ini disebut sebagai Automatic Repeat Request (ARQ). Tiga metode ARQ yang sudah distandarisasikan adalah stop-and-wait ARQ, go-back-n ARQ dan selective-reject ARQ. Animasi sebagai media pembelajaran dibuat untuk menampilkan prosedur pengontrolan kesalahan dengan metode Automatic Repeat Reques (ARQ) yang terdiri dari stop-and-wait ARQ, go-back-n ARQ, dan selective-reject ARQ. Masing-masing dari ketiga metode ARQ mempunyai kelebihan dan kekurangan dalam mekanisme pengontrolan kesalahan pengiriman data. Pada sisi proses, metode selective-reject ARQ lebih efesian dibandingkan dengan metode stop-and-wait ARQ dan go-back-n ARQ. Tetapi pada sisi penggunaan, metode go-back-n ARQ yang lebih banyak dipergunakan. Kata Kunci : Automatic repeat request (ARQ), Frame, Pengontrolan Kesalahan
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 000 Karya Umum > 004 Pemrosesan Data, Ilmu Komputer, Teknik Informatika |
Divisions: | Fakultas Sains dan Teknologi > Teknik Informatika |
Depositing User: | Mutiara Jannati |
Date Deposited: | 28 Aug 2017 06:38 |
Last Modified: | 28 Aug 2017 06:38 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/10865 |
Actions (login required)
View Item |