SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PENENTUAN PENERIMA BANTUAN BEASISWA BERSUBSIDI DENGAN MENGGUNAKAN METODE Fuzzy Multi Criteria Decision Making (FMCDM)

Tumiran, (2010) SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PENENTUAN PENERIMA BANTUAN BEASISWA BERSUBSIDI DENGAN MENGGUNAKAN METODE Fuzzy Multi Criteria Decision Making (FMCDM). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2010_201025TIF.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Pemberian bantuan beasiswa bersubsidi merupakan program pemerintah daerah provinsi Riau yang sangat penting dalam menunjang perkembangan pendidikan dan menjadi salah satu faktor penentu keberhasilan siswa. Hal ini sejalan dengan semangat yang terkandung di undang-undang No. 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional yang mengamanatkan bahwa setiap warga Negara yang berusia 7-15 tahun wajib mengikuti pendidikan dasar. Pemberian bantuan yang tepat akan memberikan sejumlah keuntungan bagi siswa kurang mampu agar dapat melanjutkan sekolahnya. Untuk menentukan siswa yang lebih berhak menerima bantuan beasiswa bersubsidi ada banyak faktor yang berpengaruh, diantaranya penghasilan orang tua, jarak rumah dari sekolah, rata-rata nilai rapor, dan jumlah saudara yang sekolah. Faktor-faktor ini merupakan kriteria dengan nilai yang bersifat ambigu. Untuk menangani pertimbangan yang memiliki nilai tidak pasti tersebut, Fuzzy Multiple Criteria Decision Making (FMCDM) memiliki kinerja yang sangat baik dalam menangani permasalahan yang mengandung ketidakpastian atau ketidakkonsistenan. Fuzzy MCDM bisa membantu dalam melakukan pengambilan keputusan terhadap beberapa alternatif keputusan yang harus diambil dari beberapa faktor diatas yang menjadi bahan pertimbangan. Penilaian yang diberikan pengambil keputusan dilakukan secara kualitatif dan direpresentasikan secara linguistik. Dengan sistem pendukung keputusan penentuan penerima bantuan beasiswa bersubsidi dapat membantu pengguna dalam mengambil keputusan untuk menentukan alternatif siswa yang optimal berdasarkan kriteria-kriteria tertentu sesuai dengan keinginan pengguna. Tahapan-tahapan yang dilakukan dalam fmcdm adalah memilih himpunan rating, evaluasi dan agregasi. Kata Kunci: Fuzzy, Fuzzy Multiple Criteria Decison Making, Penerima Beasiswa Bersubsidi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum > 004 Pemrosesan Data, Ilmu Komputer, Teknik Informatika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Teknik Informatika
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 28 Aug 2017 06:35
Last Modified: 28 Aug 2017 06:35
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/10862

Actions (login required)

View Item View Item