SISTEM PENDETEKSIAN PENYUSUPAN JARINGAN KOMPUTER DENGAN ACTIVE RESPONSE MENGGUNAKAN METODE HYBRID INTRUSION DETECTION, SIGNATURES DAN ANOMALY DETECTION

Wenni Syafitri, (2010) SISTEM PENDETEKSIAN PENYUSUPAN JARINGAN KOMPUTER DENGAN ACTIVE RESPONSE MENGGUNAKAN METODE HYBRID INTRUSION DETECTION, SIGNATURES DAN ANOMALY DETECTION. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2010_201011TIF.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Kemajuan teknologi internet menyebabkan meningkatnya kebutuhan akan keamanan data. Terjadinya perkembangan tools yang mampu melakukan penyusupan juga mempengaruhi kebutuhan tersebut. Metode implementasi Sistem Pendeteksian Penyusupan Jaringan (IDS) dan metode penganalisaan penyusupan memiliki kelebihan dan kekurangan yang dapat saling melengkapi. Ada banyak IDS pada masa sekarang, namun hanya sebuah IDS yang berbasiskan open source yaitu snort. Di lain hal, metode implementasi snort hanya terbatas network based. Sistem pada Tugas Akhir ini, menggunakan metode Hybrid Intrusion Detection System, Signatures dan Anomaly Detection. Indikator yang digunakan dalam melakukan pendeteksian penyusupan yaitu Ip Address dan Port Number. Sistem ini menggunakan protokol TCP,UDP dan ICMP. Sistem ini juga dilengkapi dengan aktif respon, berupa blocking access terhadap penyusup. Sistem ini diimplementasikan dengan bahasa pemrograman Java pada bagian engine unjuk kerja system dan Java Server Pages (JSP) pada pembangunan antarmuka pengguna, serta database yang digunakan yaitu MySQL. Pengujian pengembangan perangkat ini dilaksanakan terdiri ada dua bagian yaitu pengujian Link sistem dan pengujian penyusupan jaringan. Pengujian Link dapat memperlihatkan terhubungnya masing-masing tampilan. Pengujian Penyusupan jaringan dilaksanakan pada kondisi pendeteksian host menggunakan tools DOSHttp dan kondisi network menggunakan script Ping of Death. Pengujian yang telah dilakukan menghasilkan kesimpulan bahwa dapat dilakukan pendeteksian, penganalisaan dan respon aktif terhadap penyusupan Kata Kunci : Hybrid Intrusion Detection System; Java; Java Server Pages (JSP); Kebutuhan Keamanan Data; protocol TCP,UDP, dan ICMP; Signature dan Anomaly Detection; Sistem Pendeteksian Penyusupan Jaringan (IDS).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum > 004 Pemrosesan Data, Ilmu Komputer, Teknik Informatika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Teknik Informatika
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 28 Aug 2017 06:33
Last Modified: 28 Aug 2017 06:33
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/10860

Actions (login required)

View Item View Item