ANALISIS FAKTOR-FAKTOR INDIVIDUAL DALAM ETIKA PROFESI YANG MEMPENGARUHI PERILAKU ETIS AUDITOR PADA KANTOR AKUNTAN PUBLIK (KAP) DI PEKANBARU

Nursiah, (2010) ANALISIS FAKTOR-FAKTOR INDIVIDUAL DALAM ETIKA PROFESI YANG MEMPENGARUHI PERILAKU ETIS AUDITOR PADA KANTOR AKUNTAN PUBLIK (KAP) DI PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2010_2010235AKN.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Dalam penelitian ini yang menjadi perumusan masalah adalah“ Bagaimana pengaruh faktor-faktor individual (Locus Of Control, Lama Pengalaman Kerja, Gender, Religiuitas, Emotional Quotient (EQ), Equity Sensitivy terhadap prilaku etis auditor di kantor akuntan publik”. Tujuan dari penelitian ini adalah Untuk mengkaji dan mempelajari Bagaimana pengaruh faktor-faktor individual (Locus Of Control, Lama Pengalaman Kerja, Gender, Religiuitas, Emotional Quotient (EQ) Equity Sensitivy terhadap Prilaku Etis Auditor di kantor akuntan publik. Penelitian ini dilakukan pada kantor akuntan publik di pekanbaru yang berlangsung pada bulan April 2010. Dan populasi yang dilteliti oleh peneliti adalah seluruh auditor independen yang ada dipekanbaru. Sedanngkan pengukuran factor-faktor individual (Locus Of Control, Lama Pengalaman Kerja, Gender, Religuisitas, Kecerdasan Emotional (EQ), Equity Sensitivity) yang mempengaruhi perilaku etis auditor menggunakan instrument koesioner. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah Regresi Linear Berganda dengan menggunakn program SPSS versi 17,0. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pertama, instrument yang digunakan dalam penelitian ini valid melalui pengujian validitas dan reliabilitas dengan menggunakan Person Correlation dan Cronbach Alpha. Kedua, distribusi rata-rata jawaban responden adalah normal dilihat dari uji Kolmogrov-Smirnov. Ketiga, secara parsial Locus Of Control (X1) tidak berpengaruh secara signifikan terhadap perilaku etis auditor, dengan nilai koefisien korelasi parsial -0,042 (4,2%). Variabel lama pengalaman kerja (X2) tidak berpengaruh secara signifikan terhadap perilaku etis auditor, dengan koefisien korelasi 0,130 (13%). Variabel gender (X3) tidak berpengaruh secara signifikan terhadap perilaku etis auditor, dengan koefisien korelasi -0,142 (-14,2%). Variabel Religuisitas (X4) berpengaruh secara signifikan terhadap perilaku etis auditor, dengan koefisien korelasi 1,019 (101,9%). Variabel Kecerdasan Emotional (X5) berpengaruh secara signifikan terhadap perilaku etis auditor, dengan koefisien korelasi 1,006 (100,6%). Varibel Equity Sensitivity tidak berpengaruh secara signifikan terhadap perilaku etis auditor, dengan koefisien korelasi 0,048 (4,8%). Keempat, secara simultan (bersama-sama) semau variabel independen berpengruh secara signifikan terhadap perilaku etis auditor dengan P value (sig) 0,000 < 0,05. Kata Kunci : locus of control, lama pengalaman kerja, gender, religuisitas, kecerdasan emotional (EQ), equity sensitivity, perilaku etis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 650 Bisnis > 657 Akuntansi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Akuntansi
Depositing User: Feni Marti Adhenova
Date Deposited: 28 Aug 2017 04:07
Last Modified: 28 Aug 2017 04:07
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/10843

Actions (login required)

View Item View Item