PENGARUH BUDAYA ORGANISASI, PENGENDALIAN INTEREN DAN PENERAPAN PRINSIP-PRINSIP GOOD CORPORATE GOVERNANCE (GCG) (Studi Empiris Rumah Sakit Umum Arifin Achmad Pekanbaru)

Nova Lestari, (2010) PENGARUH BUDAYA ORGANISASI, PENGENDALIAN INTEREN DAN PENERAPAN PRINSIP-PRINSIP GOOD CORPORATE GOVERNANCE (GCG) (Studi Empiris Rumah Sakit Umum Arifin Achmad Pekanbaru). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2010_2010234AKN.pdf

Download (731kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan Pada Rumah Sakit Arifin Ahmad Pekanbaru. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh budaya organisasi terhadap penerapan prinsip-prinsip Good Corporate Governance (GCG), apakah terdapat pengaruh pengendalian intern terhadap penerapan prinsip-prinsip Good Corporate Governance (GCG),Apakah terdapat pengaruh budaya organisasi dan pengendalian intern terhadap penerapan prinsip-prinsip Good Corporate Governance (GCG) sebagai variabel moderating. Pengukuran hipotesis di atas tersebut menggunakan instrumen kuesioner. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah Regresi Linier Berganda dengan menggunakan program SPSS versi 11,0. Uji t digunakan untuk mengetahui pengaruh masing-masing hipotesis tersebut di atas, yaitu variabel (X) budaya organisas,i pengendalian intern variabel (Y) berpengaruh terhadap Good Corporate Governance (GCG). Hasil penelitian menunjukkan bahwa, instrumen yang digunakan dalam penelitian ini handal dan valid melalui pengujian validitas dan reliabilitas dengan menggunakan Person Correlation dan Cronbach Alpha. distribusi ratarata jawaban responden adalah normal dilihat dari penyebaran data (titik) pada sumbu diagonal dari grafik P-P Plot of Regression Standardized Residual. Ketiga, seluruh pengujian hipotesis pada penelitian ini antara variabel indevenden (X) dengan variabel dependen (Y), ini dilihat dari hasil pengujian data melalui SPSS for windows versi 11.0 dengan menggunakan uji regresi linear berganda dapat disimpulkan bahwa Hasil analisis regresi pada hipotesis pertama, Budaya Organisasi mempunyai hubungan yang signifikan dengan Good Corporate Governance. Dimana nilai t hitung > t (2,599>1,987), hipotesis kedua, Pengendalian Intern mempunyai hubungan yang signifikan dengan Good Corporate Governance. Dimana nilai t hitung > t tabel (2,520>1,987). Kemudian dengan melakukan uji simultan (Uji F) dengan melakukan uji keseluruhan variabel dapat disimpulkan bahwa F hitung tabel lebih besar dari F (7.029>2,706. ) tabel

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 650 Bisnis > 657 Akuntansi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Akuntansi
Depositing User: Feni Marti Adhenova
Date Deposited: 28 Aug 2017 04:05
Last Modified: 28 Aug 2017 04:05
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/10842

Actions (login required)

View Item View Item