Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH PEMBELAJARAN KOOPERATIF DENGAN PENDEKATAN STRUKTURAL THINK PAIR SHARE TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII MTS AL-HUDA PEKANBARU

Depi Fitraini (2011) PENGARUH PEMBELAJARAN KOOPERATIF DENGAN PENDEKATAN STRUKTURAL THINK PAIR SHARE TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII MTS AL-HUDA PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2011_2011450.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh pembelajaran kooperatif dengan pendekatan struktural Think Pair Share terhadap hasil belajar Matematika siswa kelas VIII MTs Al-Huda Pekanbaru. Dalam penelitian ini rumusan masalahnya adalah “Apakah ada pengaruh pembelajaran kooperatif dengan pendekatan struktural Think Pair Share terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII MTs Al-Huda Pekanbaru?” Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yaitu penelitian yang bertujuan untuk menyelidiki hubungan sebab akibat dengan cara memberikan perlakuan pada salah satu kelas dan membandingkan hasilnya dengan salah satu kelas yang diberikan perlakuan yang berbeda. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII 1 dan VIII 3 MTs Al-Huda Pekanbaru dan objek penelitian ini adalah pengaruh pembelajaran kooperatif dengan Teknik pendekatan struktural Think Pair Share terhadap hasil belajar. Pengambilan data dalam penelitian ini mengunakan tes, peneliti memberikan tes yang sama kepada kedua kelas. Tes yang sama bertujuan untuk mengetahui pengaruh perlakuan yang berbeda terhadap hasil belajar siswa. Penulis menggunakan tes”t” untuk menganalisis data. Berdasarkan hasil analis data dapat diambil kesimpulan bahwa hasil belajar siswa dengan menerapkan pembelajaran kooperatif lebih baik dari pada pembelajaran konvensional. Ini terlihat dari mean ketuntasan hasil belajar kooperatif sebesar 75,47 lebih baik dari hasil belajar konvensional sebesar 61,56. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran kooperatif dengan pendekatan struktural Think Pair Share berpengaruh terhadap hasil belajar matematika siswa MTs Al-Huda Pekanbaru.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.236 Sekolah Menengah Pertama, SMP
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 15 Jan 2016 08:17
Last Modified: 10 Apr 2018 04:05
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/1084

Actions (login required)

View Item View Item