Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PERKEMBANGAN ETIKA, KOMITMEN PROFESIONAL, DAN SIKAP PATUH TERHADAP PERATURAN ANTARA AKUNTAN PUBLIK DAN AKUNTAN INTERNAL PADA KAP DAN PERUSAHAAN WILAYAH PEKANBARU

Eprina Bakas (2010) PERKEMBANGAN ETIKA, KOMITMEN PROFESIONAL, DAN SIKAP PATUH TERHADAP PERATURAN ANTARA AKUNTAN PUBLIK DAN AKUNTAN INTERNAL PADA KAP DAN PERUSAHAAN WILAYAH PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2010_2010227AKN.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan persepsi tentang perkembangan etika, komitmen profesional dan sikap patuh terhadap peraturan antara akuntan publik dan akuntan internal. Sampel pada penelitian ini terdiri dari dua sampel independen yaitu akuntan publik dan akuntan internal yang ada di wilayah Pekanbaru. Data diperoleh dengan menggunakan teknik cross section data, yaitu data yang dikumpulkan pada satu waktu tertentu yang dikumpulkan dengan metode kuesioner. Data yang diolah sebanyak 67 responden yang terdiri dari 32 akuntan publik dan 35 akuntan internal. Kuesioner didesain untuk memperoleh data terhadap 3 variabel penelitian yaitu: etika, komitmen profesional, dan sikap patuh terhadap peraturan. Pengujian hipotesis menggunakan analisa Independen Sampel T Test. Dari hasil penelitian tidak terbukti bahwa persepsi antara akuntan publik dan akuntan internal tentang etika dan sikap patuh terdapat perbedaan, dengan melihat dari hasil print out program SPSS diperoleh t-test 0,86 > 0,05 untuk variabel etika, dan t-test 0,98 > 0,05 untuk variabel sikap patuh. Sedangkan hasil penelitian tentang komitmen profesional antara akuntan publik dan akuntan internal terbukti bahwa terdapat perbedaan persepsi, dengan melihat dari hasil print out SPSS diperoleh ttest 0,00 < 0,05. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan masukan bagi akuntan publik dan akuntan internal untuk mempertahankan serta meningkatkan kepercayaan masyarakat dalam pemberian jasanya secara profesional.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 650 Bisnis > 657 Akuntansi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Akuntansi
Depositing User: Feni Marti Adhenova
Date Deposited: 28 Aug 2017 03:57
Last Modified: 28 Aug 2017 03:57
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/10835

Actions (login required)

View Item View Item