PENGARUH RASIO KECUKUPAN MODAL (CAR) TERHADAP PROFITABILITAS YANG DIUKUR DENGAN SELISIH BUNGA BERSIH (NET INTEREST MARGIN/NIM) PADA PT. BANK RIAU CABANG UTAMA PEKANBARU (STUDY EMPIRIS DARI TAHUN 2003 – 2008)

Ade Bayu, (2010) PENGARUH RASIO KECUKUPAN MODAL (CAR) TERHADAP PROFITABILITAS YANG DIUKUR DENGAN SELISIH BUNGA BERSIH (NET INTEREST MARGIN/NIM) PADA PT. BANK RIAU CABANG UTAMA PEKANBARU (STUDY EMPIRIS DARI TAHUN 2003 – 2008). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2010_2010220AKN.pdf

Download (382kB) | Preview

Abstract

Perbankan yang tidak sehat secara ekonomi makro negara telah kehilangan kesempatan untuk membangun perekonomiannya, bahkan negara akan mengalami kerugian yang sangat besar. Demikian pula secara ekonomi mikro, pemilik, pengurus, karyawan dan pihak-pihak yang terkait yang memerlukan jasa bank turut rugi. Namun dalam kenyataannya masih ada bank yang kinerjanya jelek sehingga mengganggu tingkat kesehatannya yang berdampak pada kesulitan likuiditas, efisiensi operasional-nya dan mengganggu tingkat CAR-nya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Rasio Kecukupan Modal (CAR) terhadap Profitabilitas yang diukur berdasarkan Net Interest Margin (NIM) pada PT. Bank Riau. Metode penelitian menggunakan teknik pengumpulan data dokumentasi. Adapun data yang akan diuji yakni data Capital Adequacy Ratio dan Net Interest Margin selama 6 tahun pengamatan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa diperoleh tingkat signifikansi F yang lebih besar dari alpha atau dengan kata lain Ho diterima dan Ha ditolak yang berarti Capital Adequacy Ratio (CAR) tidak berpengaruh terhadap profitabilitas pada Bank Riau. Penulis mengharapkan hendaknya Bank Riau dapat mempertimbangkan semua faktor yang dapat mempengaruhi profitabilitas bank, salah satunya dengan mengatasi permasalahan kecukupan modal bank yang cenderung menurun tiap tahunnya sehingga bank dapat menjelaskan fungsi intermediasinya dengan baik dan pada akhirnnya tercapai tingkat profitabilitas bank yang maksimum.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 650 Bisnis > 657 Akuntansi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Akuntansi
Depositing User: Feni Marti Adhenova
Date Deposited: 28 Aug 2017 03:52
Last Modified: 28 Aug 2017 03:52
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/10831

Actions (login required)

View Item View Item