PENGARUH PENGETAHUAN AKUNTANSI,PENGETAHUAN AUDITING DAN KEMAMPUAN MENYELESAIKANMASALAH TERHADAPPERTIMBANGANANGGOTA KOMITE AUDIT

Wirna Listiani, (2010) PENGARUH PENGETAHUAN AKUNTANSI,PENGETAHUAN AUDITING DAN KEMAMPUAN MENYELESAIKANMASALAH TERHADAPPERTIMBANGANANGGOTA KOMITE AUDIT. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2010_2010219AKN.pdf

Download (489kB) | Preview

Abstract

Penelitian bertujuan untuk menguji pengaruh pengetahuan akuntansi, pengetahuan auditing dan kemampuan menyelesaikan masalah terhadap pertimbangan anggota komite audit. Pengetahuan akuntansi bagi setiap anggota komite audit dalam penelitian ini di ukur melalui sebelas pertanyaan yang berhubungan dengan bidang akuntansi. Pengetahuan audit diukur dengan enam soal pertanyaan yang berhubungan berbagai aspek dalam bidang audit. Kemampuan menyelesaikan masalah diukur dengan lima soal pertanyaan yang berhubungan dengan kemampuan dalam menyelesaikan masalah yang bersifat praktis. Sedangkan pertimbangan anggota komite audit diukur dengan memberikan soal kasus mengenai terjadinya perbedaan pendapat diantara pihak manajemen dengan auditor eksternal mengenai kebijakan akuntansi pengakuan pendapatan. Penelitian ini menggunakan sebuah kuesioner penelitian dengan menggunakan skala likert. Berdasarkan hasil analisis regresi menunjukkan bahwa pengetahuan akuntansi, pengetahuan auditing dan kemempuan menyelesaikan masalah berhubungan positif terhadap anngota komite audit. Secara simultan pengetahuan akuntansi, pengetahuan auditing dan kemempuan menyelesaikan masalah berprngaruh secara signifikan terhadap kualitas pertimbangan anggota komite audit. Secara parsial pengetahuan auditing dan kemampuan menyelesaikan masalah berpengaruh sinifikan terhadap kualitas pertimbanagan anggota komite audit.Berbeda dengan pengetahuan akuntansi tidak berpengaruh signifikan terhadap kualitas pertimbangan anggota komite audit.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 650 Bisnis > 657 Akuntansi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Akuntansi
Depositing User: Feni Marti Adhenova
Date Deposited: 28 Aug 2017 03:51
Last Modified: 28 Aug 2017 03:51
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/10830

Actions (login required)

View Item View Item