PENGARUH PENERAPAN AKUNTABILTAS KEUANGAN, PEMANFAATAN INFORMASI TEKNOLOGI DAN KETAATAN PADA PERATURAN PERUNDANGAN TERHADAP AKUNTABILITAS KINERJA INSTANSI PEMERINTAH (AKIP) (STUDI PADA SATUAN KERJA PERANGKAT DAERAH KOTA PEKANBARU)

Sutrisno, (2010) PENGARUH PENERAPAN AKUNTABILTAS KEUANGAN, PEMANFAATAN INFORMASI TEKNOLOGI DAN KETAATAN PADA PERATURAN PERUNDANGAN TERHADAP AKUNTABILITAS KINERJA INSTANSI PEMERINTAH (AKIP) (STUDI PADA SATUAN KERJA PERANGKAT DAERAH KOTA PEKANBARU). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2010_2010214AKN.pdf

Download (730kB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membuktikan bahwa Pengaruh Penerapan Akuntabilitas Keuangan, Pemanfaatan Teknologi Informasi, dan Ketaatan pada Peraturan Perundangan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah. Ini sesuai dengan salah satu prinsip yang telah diatur berdasarkan pedoman penyusunan pelaporan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah haruslah jujur, objektif, transparan dan akurat yang berarti intansi pemerintah harus juga akuntabel dan taat atas kinerjanya terhadap publik. Juga menurut Chin dan Todd bahwa salah satu manfaat teknologi informasi adalah meningkatkan kinerja organisasi. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif Kuantitatif dengan pendekatan survey. Data yang terkumpul diperoleh melalui penyebaran kuesioner, dengan 38 pembuat LAKIP yang berada pada SKPD di Kota Pekanbaru, pengolahan dan penganalisaan data menggunakan uji asumsi klasik setelah sebelumnya dilakukan uji validitas dan reabilitas, kemudian ditarik suatu kesimpulan dengan menggunakan uji statistic regresi berganda. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa hipotesis satu dan tiga diterima, sedangkan untuk hipotesis kedua ditolak. Hal ini memberikan gambaran bahwa penerapan Akuntabilitas Keuangan dan Ketaatan pada Peraturan Perundangan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah dengan nilai 0,002 dan 0,02. Sedangkan untuk variabel Pemanfaatan Teknologi Informasi tidak berpengaruh terhadap Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah. Untuk koefisien determinasi sendiri sebesar 68,3%, yang berarti variabel penerapan Akuntabilitas Keuangan dan Ketaatan pada Peraturan Perundangan dapat menjelaskan variabel Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah sebesar 68,3% dan sisanya sebesar 31,7% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 650 Bisnis > 657 Akuntansi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Akuntansi
Depositing User: Feni Marti Adhenova
Date Deposited: 28 Aug 2017 02:49
Last Modified: 28 Aug 2017 02:49
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/10825

Actions (login required)

View Item View Item