PENGGUNAAN POHON KEPUTUSAN (DECISION TREE) UNTUK PENGAMBILAN KEPUTUSAN DALAM PENERIMAAN PEGAWAI (STUDI KASUS : PERUSAHAAN ASURANSI TAKAFUL)

Umi Kalsum, (2010) PENGGUNAAN POHON KEPUTUSAN (DECISION TREE) UNTUK PENGAMBILAN KEPUTUSAN DALAM PENERIMAAN PEGAWAI (STUDI KASUS : PERUSAHAAN ASURANSI TAKAFUL). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2010_201005TIF.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Salah satu elemen dasar dalam sebuah perusahaan adalah sumber daya manusia (SDM). Penerimaan tenaga kerja merupakan proses mencari dan mendapatkan tenaga kerja dalam suatu perusahaan sesuai dengan keahlian yang dimilikinya. Sistem penerimaan tenaga kerja di perusahaan asuransi Takaful masih bersifat manual, baik dalam pengolahan data para calon karyawan maupun dalam proses perhitungan. Sehingga keputusan baru bisa diambil setelah melewati waktu yang cukup lama. Sistem yang dirancang adalah sistem pendukung keputusan penerimaan pegawai dengan menggunakan metode pohon keputusan (Decision tree) dan perengkingan menggunakan analisa resiko berdasarkan beberapa kriteria yaitu Akademik, Syariah, Wawancara, Psikotes dan Kesehatan. Sistem ini dirancang dan dibangun dengan menggunakan bahasa pemrogram VB.6.0 dan database Microsoft access. Setelah dilakukan analisa dan pengujian, sistem ini mampu untuk menangani banyak perbandingan alternatif. Selain itu data hasil rekruitment juga lebih akurat, menghemat waktu dan mengurangi terjadinya human error karena mengubah sistem manual menjadi komputerisasi. Kata Kunci : Analisa Resiko, Pegawai, Penerimaan Pegawai, Pohon Keputusan, Sistem Pendukung Keputusan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum > 004 Pemrosesan Data, Ilmu Komputer, Teknik Informatika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Teknik Informatika
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 28 Aug 2017 01:30
Last Modified: 28 Aug 2017 01:30
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/10813

Actions (login required)

View Item View Item