Ervina Jauza (2011) PENERAPAN STRATEGI BELAJAR AKTIF TEKNIK INDEX CARD MATCH DALAM PEMBELAJARAN LANGSUNG UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIIIB SMP ANDALAN NEGERI PANGKALAN KERINCI KABUPATEN PELALAWAN. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
2011_2011430.pdf Download (3MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas VIIIB SMP Andalan Negeri Pangkalan Kerinci Kabupaten Pelalawan melalui penerapan strategi belajar aktif teknik Index Card Match dalam Pembelajaran Langsung. Adapun perumusan masalahnya adalah “Bagaimanakah penerapan strategi belajar aktif teknik Index Card Match dalam Pembelajaran Langsung untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas VIIIB SMP Andalan Negeri Pangkalan Kerinci Kabupaten Pelalawan pada materi pokok sistem persamaan linear dua variabel?” Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yaitu suatu penelitian praktis yang bertujuan untuk memperbaiki kekurangan-kekurangan dalam pembelajaran di kelas, guru berperan langsung dalam proses pembelajaran. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIIIB SMP Andalan Negeri Kerinci Kabupaten Pelalawan yang berjumlah 28 orang. Penelitian tindakan kelas dilaksanakan tiga siklus dengan tiga kali pertemuan, tiap pertemuan meliputi tahap perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Untuk mengumpulkan data digunakan lembar observasi yang digunakan untuk mengamati pelaksanaan tindakan oleh guru dalam proses pembelajaran. Dokumentasi dilakukan untuk mengetahui keadaan sekolah, guru dan siswa. Data tentang hasil belajar siswa diperoleh melalui lembar tes hasil belajar matematika siswa sebelum tindakan dan sesudah tindakan. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa ada peningkatkan hasil belajar matematika siswa dengan penerapan strategi belajar aktif teknik Index Card Match dalam Pembelajaran Langsung pada siswa kelas VIIIB SMP Andalan Negeri Pangkalan Kerinci Kabupaten pelalawan pada materi pokok sistem persamaan linear dua variabel. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan hasil belajar siswa yaitu nilai rata-rata hasil belajar siswa pada pertemuan sebelum tindakan adalah 66,25, dengan nilai klasikal 42,85%, sedangkan rata-rata setelah penerapan strategi belajar aktif teknik Index Card Match dalam Pembelajaran Langsung pada siklus I adalah 68,57 dengan nilai klasikalnya 57,14%, pada siklus II nilai rata-rata 72,67 dengan nilai klasikalnya 67,85%, dan pada siklus III nilai rata-rata siswa mencapai 73,39 dengan nilai klasikal 75,00%.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.236 Sekolah Menengah Pertama, SMP |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mutiara Jannati |
Date Deposited: | 15 Jan 2016 08:08 |
Last Modified: | 15 Jan 2016 08:08 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/1081 |
Actions (login required)
View Item |