Hari Sopan (2010) PERBAIKAN KUALITAS PELAYANAN DI PT. INDAH CARGO PADA BAGIAN PENGIRIMAN BARANG DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN SIX SIGMA. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
2010_201090TIN.pdf Download (744kB) | Preview |
Abstract
Pada industri jasa cacat/kesalahan sering terjadi ditandai dengan pengajuan klaim oleh pelanggan, hal ini terjadi hampir disetiap proses begitu pula di PT. Indah Cargo Pada Bagian Pengiriman Barang Pekanbaru yang bergerak dibidang jasa pengiriman barang, dimana pada proses pengiriman barang banyak terjadi kesalahan atau cacat, proses pengiriman barang merupakan suatu proses yang sangat penting dalam industri jasa pengiriman karena akan berdampak pada kepuasan pelanggan dan kualitas pelayanan yang dihasilkan. Penelitian ini mempunyai tujuan mengurangi tingkat cacat bahkan menghilangkannya melalui pendekatan Six Sigma dengan 5 tahapan DMAIC (define, measure, analyze, improve, and control). Hasil dari pengolahan data dengan menggunakan pendekatan Six Sigma adalah level sigma perusahaan sebesar 2.00, tingkat kemampuan proses sebesar 69%, nilai DPMO sebesar 309922,87 dengan 1 CTQ yaitu keterlambatan pengiriman barang sebesar 85,43%. Pada tahap improve yang berhubungan dengan peningkatan nilai sigma diusulkan beberapa solusi teknis yaitu: faktor sumber daya manusia, Armada pengangkut, metode dan lingkungan kerja, sedangkan pada tahap control dilakukan dengan menerapkan standar operation procedure kerja yang telah ditetapkan serta melakukan perbaikan yang berkesinambungan di PT. Indah Cargo Pekanbaru. Kata Kunci : CTQ, DMAIC, DPMO, FMEA, Six Sigma
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 670 Manufaktur, Pabrik-pabrik |
Divisions: | Fakultas Sains dan Teknologi > Teknik Industri |
Depositing User: | Mutiara Jannati |
Date Deposited: | 25 Aug 2017 04:38 |
Last Modified: | 25 Aug 2017 04:38 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/10805 |
Actions (login required)
View Item |