PERANCANGAN EKSPERIMEN UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PRODUK KERUPUK PALEMBANG DENGAN MENGGUNAKAN METODE TAGUCHI (Studi Kasus : Usaha Kecil Dan Menegah (UKM) Dua Saudara)

Indra Kurniawan, (2010) PERANCANGAN EKSPERIMEN UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PRODUK KERUPUK PALEMBANG DENGAN MENGGUNAKAN METODE TAGUCHI (Studi Kasus : Usaha Kecil Dan Menegah (UKM) Dua Saudara). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2010_201048TIN.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Tidak semua produk yang ditawarkan pada konsumen akan mampu bersaing dalam mendapatkan pasar. Tingginya tingkat persaingan dipasar ditentukan oleh spesifikasi dari produk yang ditawarkan tersebut. Hanya produk yang sesuai dengan spesefikasi dan ekspektasi dari konsumen yang akan mampu bertahan, sehingga tidak ada cara lain dari perusahan untuk meningkatkan kualitas produknya. PT Dua Saudara salah satunya. Sebagai salah satu perusahan yang bergerak dalam pembuatan kerupuk tentu saja PT Dua saudara harus berbenah dengan meningkatkan kualitas dari produk kerupuk yang dibuat, Saat ini yang menjadi masalah yang cukup berpengaruh adalah perbedaan cita rasa dan kemampuan menggembang dari kerupuk tersebut(kerupuk palembang.Yang menjadi penyebab kurangnya cita rasa dan kemampuan menggembang dari kerupuk tersebut adalah karena adanya perbedaan komposisi garam, penyedap rasa, vetsin, ketumbar,lamanya penggukusan,bawang putih dan suhu minyak pada pengorengan kedua. Untuk mengatasi masalah tersebut perlu dilakukan perbeikan dengan disain eksperimen dengan mengunakan metode taguchi. Karakteristik yang digunakan adalah signal to noise ratio (SNR) mengunakan SN Large the better, karena semakin besar nilai yang didapat maka akan semakin baik. Sehinga dapat ditentukan kombinasi optimum.Faktor dan level yang berpengaruh terhadap citarasa dan kemampuan menggembang dari produk kerupuk palembang Dua saudara adalah:Suhu minyak pada pengorengan kedua adalah 170 0C ,Jumlah garam sebanyak 73 Gram,Jumlah Penyedap rasa sebanya.5 gram,Jumlah Vetsin sebanyak 5 Gram, jumlah Ketumbar Sebanyak 6 Gram, Jumlah bawang Putih sebanyak 20 Gram dan lamanya pengukusan adalah 19 menit. Sehingga setelah dilakukannya eksperimen jumalah konsumen yang menyukai kerupuk palembang naik sebesar 67% dari sebelumnya 37% Kata Kunci: Metode taguchi, Ortogonal Array,Robust Design.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 670 Manufaktur, Pabrik-pabrik
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Teknik Industri
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 25 Aug 2017 04:05
Last Modified: 25 Aug 2017 04:05
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/10798

Actions (login required)

View Item View Item